Puluhan Pekerja Kebersihan Demo Menuntut 3 Bulan Gaji Belum Di Bayar

By M. Ebiyanto Prayogo Pada : 13 Mar 2018, 14:06:23 WIB, - Kategori : PeristiwaPuluhan Pekerja Kebersihan Demo Menuntut 3 Bulan Gaji Belum Di Bayar

INTIPOS.COM / KABANJAHE - Puluhan pekerja kebersihan, Supir truk pengangkut sampah beserta kernetnya mendatangi kantor Dinas lingkungan hidup Kabupaten karo,senin,(12/3/18) pagi.

aksi ini sebagai bentuk kekecewaan kepada Dinas Lingkungan hidup yang memperkerjakan mereka dimana gaji bulanan yang menjadi hak mereka belum dibayarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup kabupaten karo selama hampir 3 bulan.


Pantauan media ini puluhan pekerja kebersihan dibawah naungan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Karo ini berteriak-teriak di lapangan kantor dinas lingkungan hidup "cairkan gaji kami", dalam aksi tersebut diketahui Kabid Kebersihan Hotman Brahmana menyembunyikan diri menghindar dari aksi pekerja.


Massa juga sempat buang sampah di depan kantor Dinas Lingkungan Hidup kab. Karo , Saat aksi pekerja yang berlangsung semenjak pagi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup kab. Karo belum berada di lokasi , Sekira pukul  12.30 Ir Timotius Ginting Salaku Kadis lingkungan hidup baru berada di lokasi.


selanjutnya kadis berkordinasi dengan massa terkait gaji selama 3 bulan belum di terima oleh pekerja , Komunikasi antar pekerja dan sang kadis cukup alot dimana Timotius Ginting meminta pada pekerja agar tenang "semua tetap tenang, besok saya pastikan gaji kalian pasti cair".


Tak puas dengan jawaban sang Kadis para pekerja mendesak "kami mau hari ini juga, gaji kami dicairkan karena sudah termakan janji sebelumnya dimana hingga hari ini belum dicairkan" dimana sebelumnya pihak Dinas Lingkungan Hidup sudah menjajikan pencairan gaji. 

Langsung massa Melampiaskan kekesalannya ditambah Kabid Kebersihan HB yang menghindar dari massa, Kendaraan Dinas Mobil Isuzu Panther Pickup putih nopol BK 8262 S digulingkan oleh massa yang kesal. Selanjutnya massa minta Kabid kebersihan untuk hadir di tengah massa, setelah berada di tengah massa HB Kabid kebersihan coba menjelaskan terkait belum cairnya gaji para pekerja kebersihan , membenarkan ada kaitan pergantian bendahara , dimana bendahara belum menyelesaikan pembukuan keuangan, ditanya terkait apakah Kepala Dinas mengetahui pembukuan keuangan bermasalah , HB mengarahkan massa untuk langsung bicara ke Kadis Timotius Ginting. 

Ketua KCBI Kab. Karo Rudi Surbakti didampingi Manajer Investigasi KCBI karo Landro Siregar di tengah aksi pekerja yang menuntut hak , "menyarankan jangan karena kelalaian dan masalah intern di tubuh Dinas Lingkungan Hidup antara Bendahara yg baru dan Lama mengorbankan hak pekerja kebersihan yang jadi terabaikan." 
"Terkait adanya informasi dari pekerja yang berunjuk rasa , dimana masuk jadi anggota pekerja kebersihan  harus membayar masuk untuk bisa  bekerja , kami akan bentuk tim untuk mengungkap hal ini" Tegas Rudi Surbakti Ketua KCBI Karo.


Terlihat di lokasi AKP Ternalem mencoba menenangkan massa untuk tidak berbuat anarkis , hadir juga Belasan Satpol PP berjaga di lokasi dipimpin langsung Kasatpol PP Menjelang sore hari dengan mengendarai mobil 3 orang Intel beserta personil sabhara dari Polres Tanah Karo turun ke dinas lingkungan hidup. Selanjutnya pihak Dinas Lingkungan Hidup Kab. Karo memenuhi permintaan pekerja gaji cair hari itu juga.(Landro Siregar).