Melaksanakan Pemilu Tahun 2019; Siap Kalah Terhormat, Menang Bermartabat.

By M. Ebiyanto Prayogo Pada : 27 Sep 2018, 18:50:06 WIB, - Kategori : PolitikMelaksanakan Pemilu Tahun 2019; Siap Kalah Terhormat, Menang Bermartabat.

INTIPOS.COM | PACITAN - Masa kampanye Pemilu Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota (Pemilu 2019) secara resmi  sudah dimulai sejak 23 September 2018 dan akan berlangsung sampai 13 April 2019. Dimulainya masa kampanye Pemilu 2019, Di berbagai daerah ditandai dengan digelarnya deklarasi untuk siap Kalah Terhormat Menang Bermartabat. Deklarasi ini diikuti oleh semua peserta Pemilu 2019 dengan mengucapkan serta menanda tangani prasasti yang berisi kesepakatan untuk melaksanakan Pemilu yang berintegritas.

Pelaksanaan deklarasi - deklarasi semacam ini tentu tidak dilaksanakan kali ini saja. Hampir sejak digelarnya pemilu pasca reformasi jargon damai, pemilu bermartabat, pemilu berintegritas selalu diteriakkan lantang. Semua peserta pemilu menyatakan untuk siap menang dan siap kalah. Pemilu mutlak harus menciptakan rasa tenang, tenteram, dan aman, sebagai refleksi kedewasaan dalam berdemokrasi. Pemilu sudah semestinya menyatukan. Menyatukan pemilih untuk mencoblos yang terbaik bagi kepentingan bangsa dan negara, perbaikan pelayanan publik dan kepemimpinan daerah untuk kesejahteraan.

Dengan deklarasi yang diucapkan secara lisan dan penanda tanganan prasasti ini seharusnya tidak dinilai hanya sekedar seremonial saja, akan tetapi menjadi semangat dan spirit pelaksanaan kampanye Pemilu 2019. Kampanye Pemilu 2019 haruslah dijauhkan dari upaya tidak sehat untuk memprovokasi pemilih dengan menyerang SARA (suku, agara, ras, dan antar golongan), Politik Uang, menyebarkan berita bohong (hoax), fitnah, dan kampanye hitam atas peserta pemilu.

Pelaksanaan kampanye pemilu 2019 sudah diatur sedemikian rupa oleh penyelenggara pemilu untuk menjamin pelaksanaan kampanye yang adil, jujur, berintegritas serta memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat. Semua peserta pemilih diharapkan benar - benar mentaati peraturan penyelenggaraan kampanye 2019 sesuai yang sudah diatur di Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 23 Tahun 2018 yang kemudian diperbarui menjadi PKPU No 28 Tahun 2018 dan terakhir dirubah menjadi PKPU No 33 Tahun 2018. Dalam PKPU ini sudah diatur mana yang dilarang dan mana yang diperbolehkan dalam pelaksanaan kampanye 2018. 

Pelaksanaan Pemilu 2019 yang berintegritas Siap Kalah Terhormat dan Menang Bermartabat tidak dapat dicapai hanya dengan dideklarasikan, tetapi harus dibuat nyata melalui pelaksanaan kampanye sesuai peraturan perundang - undangan yang ada. Caranya, dengan mempraktekkan apa yang ada di dalam teks. Akhirnya, pelaksanaan pemilu yang Siap Kalah Terhormat dan Menang Bermartabat akan terwujud jika kampanye benar-benar jadi ajang edukasi politik untuk beradu gagasan, visi, dan program kerja. Bukan sebaliknya, pemilu dilaksanakan dengan banyaknya pelanggaran, kecurangan, politik uang, provokasi SARA dan tindakan memecah.

Mari Wujudkan Pemilu 2019 yang berintegritas, Siapkan diri untuk Kalah Terhormat dan Menang Bermartabat. Salam Awas.(Tyo)