KLB 21 Penyu Mati Di Pantai Belacan.

By M. Ebiyanto Prayogo Pada : 09 Apr 2018, 13:36:02 WIB, - Kategori : PublikKLB 21 Penyu Mati Di Pantai Belacan.

INTIPOS.COM - PONTIANAK - Kejadian Luar Biasa terjadi pada hewan Penyu di pantai Belacan Paloh. Tidak tanggung tanggung 21 ekor Penyu yang merupakan hewan di lindungi ini mati sia sia.

Kematian Penyu Penyu ini diduga akibat keracunan aspal. Sejak Februari ditemukan butiran butiran hitam yang diduga aspal dibibir pantai.

Sumber terduga aspal belum bisa dipastikan dari mana. Diskusi dengan pihak yang berkompeten pun telah dilakukan. Masih ada dugaan dugaan tentang asal aspal itu.

Sumber Aspal masih dicari. Apakah karena kesengajaan atau kelalaian. Yang pasti akan dicari siapa yang bertanggung jawab atas kematian Penyu Penyu ini. Saat ini kasusnya masih didalami. 

Penyu Penyu yang telah di nekropsi ini didalam tubuhnya terdapat butiran butiran aspal. Butiran butiran aspal ini diduga sebagai penyebab matinya Penyu. Karena aspal merupakan limbah beracun.

Kepala BKSDA, Sadtata usai konferensi pers di Balai Konservasi Sumber Daya Alam yang membahas KLB Penyu ini, Senin 9 April 2018, mengakan bahwa dalam kerja kerja seperti ini, Sumber Daya Manusia masih kurang. Untuk itu diharapkan agar semua masyarakat bekerjasama dalam menjaga lingkungan. 

Sadtata berharap agar semua pihak ikut terlibat langsung dalam menjaga lingkungan. "Dalam waktu dekat akan dilakukan bersih pantai dan patroli pantai," pungkas Sadtata
 (Tri)