Dinas Perhubungan Pacitan Akan Tindak Tegas PO Yang Tidak Memiliki Ijin Trayek

By Redaksi Pada : 08 Nov 2018, 06:20:17 WIB, - Kategori : PublikDinas Perhubungan Pacitan Akan Tindak Tegas PO Yang Tidak Memiliki Ijin Trayek

Intipos.com | Pacitan - Dalam penyelenggaraan transportasi yang Aman,Tertib,Selamat dan Lancar di kota yang juluk 1001 Goa, Dinas Perhubungan Kabupaten Pacitan akan menertibkan semua angkutan umum yang beroprasi di wilayah setempat.

Hal tersebut di ungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Pacitan Wasi Prayitno saat di temui pewarta mengatakan, Jika dalam usaha transportasi memiliki ketentuan dan aturan yang wajib di patuhi semua pemilik usaha transportasi, Terutama ijin trayek yang wajib di miliki serta kelengkapan-kelengkapan lain nya juga harus di penuhi.

"Karena sesuai Peraturan Menteri Nomor 35 tahun 2003 tentang penyelenggaraan angkutan orang di jalan dengan kendaraan umum, Bagi pemilik usaha transportasi harus memenuhi kelengkapan dan persyaratan dan aturan yang ada, Karena itu merupakan kewajiban agar dalam pelaksanaan oprasional bisa berjalan dengan aman, tertib, selamat dan lancar,"ujar mantan Kadis Pariwisata tersebut, Rabu (7/11/2018).

Disinggung adanya salah satu PO dengan jurusan Pacitan - Jakarta yaitu Putra Mulya yang diduga ijin trayeknya masih dalam proses peralihan tersebut, Wasi menegaskan bahwa sebagai angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang beroprasi di suatu daerah seperti di Pacitan, Pemilik usaha transportasi wajib memiliki ijin trayek dari dan ke wilayah tersebut.

"Seperti halnya PO Putra Mulya diduga belum memiliki ijin trayek untuk jurusan dari Pacitan ke kota atau provinsi lain dan sebaliknya, Selama mereka belum bisa menunjukan ijin trayeknya maka PO tersebut dilarang mengambil penumpang di Pacitan,Kalau hanya parkir saja itu tidak menjadi masalah,"tegasnya.

Dengan masih beroprasinya PO Putra Mulya di Pacitan serta mengambil penumpang di luar terminal, Orang nomor satu di Dinas Perhubungan Pacitan tersebut mengatakan pihaknya telah memberi surat peringatan kepada managemen dari PO Putra Mulya dengan pelangaraan ijin trayek, Jika peringatan tersebut tidak di indahkan maka kita akan menindak tegas.

"Ada 2 armada millik PO Putra Mulya yang terjaring oprasi Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres pada tgl 28 Oktober lalu di Kecamatan Punung saat di cek ternyata belum memiliki ijin trayek di Pacitan, Dengan alasan masih dalam proses, Dengan pelangaran tersebut kita melayangkan surat peringatan ke managemennya pada tanggal 1 November 2018 dengan tembusan ke Menteri Perhubungan, Dirjen Perhubungan Darat, Sekretaris Jendral Perhubungan Darat, Inspektorat Jendral Perhubungan Darat, Gubernur Jawa Timur dan Bupati Pacitan,"jelasnya.

Dinas Perhubungan Pacitan tidak hanya akan menindak PO Putra Mulya saja, Namun semua angkutan umum yang memiliki trayek jurusan Paciatan ke kota atau antar provinsi, Karena keselamatan,ketertiban, keamanan serta kelancaran adalah proritas utama.

"Di UU Nomor 22 tahun 2009 Pasal 36 sudah jelas yaitu "Setiap Kendaraan Bermotor Umum dalam trayek wajib singgah di Terminal yang sudah ditentukan, kecuali ditetapkan lain dalam izin trayek", Kita mengacu pada Undang-undang dan Peraturan Menteri Nomor 35 tahun 2013, Bila tidak ada ijin trayek serta ngetem/mangkal dan mengambil penumpang di luar terminal maka akan di tidak serta menjadikan ketidak nyamanan terhadap pengusaha transportasi yang memiliki trayek yang sudah ada,"tandas Wasi. (tyo)