150 Massa Harkatpuan Gruduk Polres Banyuasin

By Redaksi Pada : 07 Des 2017, 07:17:01 WIB, - Kategori : Peristiwa150 Massa Harkatpuan Gruduk Polres Banyuasin

Intipos.com, Banyuasin - Sedikitnya ada 150 orang yang tergabung dalam massa yang mengatas-namakan Harkatpuan 2017 pada Rabu (6/12) sekira jam 09.00 Wib Gruduk ke Mapolres Banyuasin, akibat aksinya itu membuat berbagai Satpolres Banyuasin yang dikomandoi Kabag Sumda Kompol Hadi Suseno dan Kasat Sabhara AKP Sumediyono sempat kedodoran menghalau aksi massa yang mendadak brutal. 

Dalam aksi massa itu pihak Polres Banyuasin tidak mau sedikitpun kecolongan, maka sempat terjadi ketegangan dan kelompok massa tersebut selain melempari dengan berbagai benda serta sempat beradu urat menuntut kebenaran.

Kabag Sumda Polres Banyuasin Kompol Hadi Suseno, SH yang didampingi Kasat Sabhara AKP Sumediyono berusaha keras melakukan dialog guna mereda aksi massa mulai brutal itu. 

Melalui rembukan perwakilan massa, Kabag Sumda Kompol Hadi Suseno akhirnya berhasil membujuk korak dan korlap dari massa sehingga aksi brutal dapat diredam, walau ratusan massa yang lain terus menyerukan kalimat Harkatpuan-harkatpuan.

Langka itu dilakukan dalam kegiatan ini bertujuan dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan personil yang mahir dan tangguh serta profesional pada saat menanggulangi aksi massa yang melakukan aksi unjuk rasa menjelang Pemilukada 2018 maupun pengamanan lainnya yang membutuhkan personil yang tergabung dalam pasukan dalmas. 

Kemudian dalam latihan & simulasi Harkatpuan ( pengendalian massa ) ini personil memperagakan bagaimana cara mengatasi aksi massa yang melakukan aksi unras anarkis dengan mempersiapkan siaga pasukan dalmas awal, tim negosiator yang bernegosiasi kepada para pengunjuk rasa,   penanggulangan dan lanjutan serta pengamanan tersangka provokator, korban dalam aksi unjuk rasa tersebut. Selama kegiatan simulai tersebut Alhamdulillah dapat berlangsung dalam keadaan aman, tertib serta kondusif, ucap Kabag Sumda Kompol Hadi Suseno usai menggelar simulai. (waluyo)