Wagubsu Bersama Forkompida karo Diskusi Percepatan Penanganan Relokasi Mandiri Tahap 2 Dan 3

By Eddy Surbakti 07 Des 2017, 23:24:30 WIBSumatera Utara

Wagubsu Bersama Forkompida karo Diskusi Percepatan Penanganan Relokasi Mandiri Tahap 2 Dan 3

Keterangan Gambar : Wagubsu saat hadiri Diskusi bersama  Forkopimda Karo terkait percepatan Relokasi Mandiri Siosar, dan juga  terkait posko pengungsi.


Kabanjahe, Intipos.com - Bertahun tahun penanganan bencana alam erupsi Gunung Sinabung dikaro, Sumatra Utara masih saja belum terselesaikan dengan baik serta terkesan dianggap gagal oleh berbagai pihak, seperti pemberitaan media www.Intipos.com beberapa hari yang lalu, 2/12 dengan judul "Penanganan Bencana Sinabung Dianggap Gagal, Gubsu Dan Bupati Karo Kunker Ke Jepang "

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Brigjen TNI Purn. Hj. Nurhajizah Marpaung (6/12) meginstruksikan kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karo, untuk segera menyelesaikan persoalan persoalan terkait penanganan bencana alam erupsi Sinabung serta permasalahan yang ada terkait Relokasi mandiri tahap dua dan tiga untuk masyarakat korban Erupsi Gunung Sinabung.

Permintaan Presiden Ir H Joko Widodo diakhir tahun 2017 tidak ada lagi korban Erupsi Sinabung yang masih berada di posko Pengungsian, serta untuk menindak lanjuti dari hal tersebut, Wagub Sumut menginstruksikan kepada Forkompida Kabupaten karo untuk segera menyelasikan persoalan yang ada, serta yang menghambat penyelesaian pembangunan rumah bagi 1655 KK pengungsi Gunung Sinabung.

Forkompida Karo haruslah kompak didalam  menyelesaikan permasalahan -permasalahan yang ada, dan jangan buat proses administrasi yang berbelit-belit, Wagubsu juga mengatakan mengapa dari 1655 KK  yang harus direlokasi, tetapi hanya 630 KK yang sudah Clear 100%, Padahal ini sudah bulan Desember,ujarnya.

Jangan jadikan alasan terhadap 5 KK yang tidak mau tanda tangan, hingga Ribuan pengungsi lainya menjadi korban ujar Wagubsu kepada kalak BPBD, Ir Martin Sitepu, tegas Wagubsu di ruang Aula kantor Pemda Karo.

Sementara, Kalak BPBD Kabupaten Karo, Ir. Martin Sitepu mengatakan, dari jumlah total pengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung, yang sudah terelokasi sebanyak 630 KK, dan terkait terhambatnya proses pembangunan Relokasi dikarenakan oleh faktor cuaca yang sering hujan, sehingga material bangunan sulit untuk masuk kelokasi.

Lanjutnya, selain faktor cuaca yang menghambat dalam proses pembangunan, terdapat 5 KK belum meberikan izin pembangunan, sehingga menjadi kendala juga dalam proses pembangunan rumah bagi para pengungsi erupsi gunung sinabung.

Selain itu, untuk mempercepat proses relokasi Mandiri tersebut, Pihak BPBD Karo juga telah mengajukan Dana Rehab Relokasi (RR) sebesar 85 Miliyar di tahun Angaran 2018, ujar Kalak BPBD Karo. (IP09)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir