Tangkapan Ikan Nelayan Pacitan Menurun
Karena Ombak Ekstrem Di Pesisir Selatan

By Redaksi 21 Jul 2018, 00:46:15 WIBEkonomi

Tangkapan Ikan Nelayan Pacitan Menurun

Keterangan Gambar : By Tyo


Intipos.com | Pacitan - Cuaca ekstrem mempengaruhi kegiatan para nelayan di laut selatan. Para nelayan di Pacitan memutuskan untuk tidak melaut. Pilihan tidak melempar sauh itu untuk meghindari kemungkinan buruk akibat kondisi alam yang kurang bersahabat, Gelombang tinggi disertai angin kencang melanda kawasan tersebut.

Akibat terjadinya gelombang pasang yang cukup tinggi mempengaruhi terhadap hasil tangkapan ikan, terutama nelayan tradisional harus berhenti melaut lantaran gelombang cukup tinggi.

Hal itu di benarkan Kepala UPT Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Dinas Kelautan Pemprov Jatim wilayah Pacitan, Ninik Setyorini, Memang benar adanya penurunan hasil tangkapan ikan dalam beberapa hari belakangan ini.

"Penyebabnya karena banyak nelayan yang tidak melaut. Kami pun juga mengimbau agar mereka untuk sementara waktu tidak turun melaut, sambil menunggu gelombang kembali stabil," ujarnya saat di hubunggi melalui ponselnya, Kamis (19/7/2018).

Lebih lanjut Istri dari Wabub Pacitan tersebut mengatakan, Meskipun ada penurunan produksi ikan laut, akan tetapi tidak akan menggangu konsumsi masyarakat terhadap ikan. Karena Dinas Perikanan Pacitan sudah beberapa lama mengembangkan budidaya ikan air tawar.

"Jadi tidak akan menggangu konsumsi masyarakat terhadap ikan, sekalipun terjadi penurunan produksi ikan laut. Sebab di Pacitan sudah banyak dikembangkan budidaya perikanan air tawar yang bisa menganti kebutuhan masyarakat terhadap ikan laut," katanya.

Waspadai peningkatan kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut terutama bagi masyarakat yang beraktifitas di sekitar pantai seperti para nelayan, Kaeena hingga saat ini merunut informasi dari pancaran alat deteksi dini (early warning sistem) gelombang tinggi masih akan berlangsung dalam beberapa hari kedepan.

"Gelombang masih cukup tinggi dan akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kepada nelayan untuk sementara waktu dihimbau agar tidak melaut," himbaunya. (tyo)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Liverpool

    Wow artikel luar biasa dan fantastis teman saya kerja bagus dan semoga sukses untuk ...

    View Article
  • Liga Inggris

    Masih kami tunggu info selanjutnya... Thanks! ...

    View Article
  • Prediksi Bola

    Masih kami tunggu info selanjutnya... Thanks! ...

    View Article
  • CryptoNorp

    Bitcoin normalmente relacionam-se a equipe digitais de dinheiro. Ela vive exclusivamente ...

    View Article