Siswa Pedalaman Sekadau Berprestasi
Kristian Rendi Harumkan Anak Petani

By Redaksi 31 Okt 2016, 17:01:05 WIBPendidikan

Siswa Pedalaman Sekadau Berprestasi

Keterangan Gambar : By Yahya : Kristian Rendi


Intipos.com Sekadau (Kalbar) - Banyak halangan dan rintangan ketika seorang manusia ingin menunjukan prestasinya, tahapan yang harus dilalui hingga menjadi sebuah kesuksesan merupakan bukan semudah membalikan telapak tangan.

Hal itu terlihat dari seorang siswa di sebuah sekolah yang berada di pedalaman sekadau, yaitu SMPN 5 Lubuk Tajau Kecamatan Nanga Taman Kabupaten Sekadau. Jika dihitung Jarak dari pusat kota Sekadau harus dua jam lebih dan dari pusat kota kecamatan sekitar satu jam perjalanan.

Siswa yang bernama lengkap Kristian Rendi (15), lahir di Desa Pantok 1 Mei 2002 silam, ia mendapatkan juara 2 dalam ajang cipta puisi sekalimantan barat yang diberikan penghargaan pada hari senin (31/10) di balai Bahasa Kalimantan Barat di Pontianak.

Rendi sapaan akrabnya, ia saat ini duduk di kelas VIII dan di sekolah ia menjabat sebagai ketua Osis. Puisi yang ciptakan dengan judul 'Aku Bangga' yang menggambarkan situasi sekolah khususnya SMPN 5 Yang dengan segala keterbatasannya dari sisi fasilitas penunjang untuk berkreativitas setinggi-tinggi, para pengajar atau sering disebutkan sebagai pahlawan pendidikan (guru_ terus semangat dalam menjalankan tugas, amat, dan tanggungjawabnya sebagai sorang pendidik.

"Puisi ini saya persembahkan kepada sekolah, karena dengan semangat yang tinggi dalam menjalankan tugas mereka, sampai-sampai mendapatkan juara 2 tingkat kalbar tidak lepas dari semangat dan dukungan para orang tua saya dan guru sekolah,guru yang membina penciptaan puisi, dan teman-teman, "ujarnya kepada SP, melalui via telpon. Senin (31/10). Setelah selesai mendapatkan penghargaan di balai bahasa kalbar jalan Jend. Ahmad Yani Pontianak.

Rendi yang juga anak dari seorang petani, yaitu dari bapak F.Pranseda dan ibu T.Dumol asal dari Desa Pantok Kecamatan Nanga Taman. Dengan segala keterbatan yang ada tidak menyuruti niat dan semangat untuk berkarya.

"Saya merasa bersyukur kepada tuhan yang Maha kuasa, kedepan saya akan terus tingkatkan prestasi ini,"ungkap Rendi yang mendapat juara 5 besar di kelasnya itu.

Sementara itu, guru yang membinanya, Abang Mohd Firman mengatakan, ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi SMPN 5 Lubuk Tajau mampu bersaing ditingkat provinsi. "Sebelumnya juga siswa kita juga pernah mewakili Kalbar ke tingkat nasional dalam ajang yang sama Cipta Puisi sehingga meraih juara 5 nasional yaitu Plorentinus Nera, ini sebuah kebanggaan karena kecintaan siswa terhadap sastra yang merupakan identitas bangsanya meningkat,"jelas pria yang juga pengamat kearifan lokal sekadau itu.

Dikatakan firman, Kristian Rendi ini merupakan generasi cipta puisi Sekadau, dalam pembinaannya dia sangat cepat nangkap apa yang dijelas atau diarahkan.

"Dia (Kristian Rendi) cepat nangkap ketika apa yang kita jelaskan dan ia pun mengembangkannya, dari situ saya saya yakin dia akan mendapatkan prestasi dalam ajang ini. Dan alhamdulilah dapat walaupun juara 2,"ungkapnya.

Alumnus FKIP jurusan Bahasa dan Sastra Untan itu menegaskan, semakin banyak siswa mencintai sastra maka semakin kuat ia mencintai jati diri dan bangsanya.

"Misalnya seperti mencipta puisi, menurutrkan cerita terdahulu yang merupakan sejarah, tarian, dna sebagainya. Dan tentu kedepan juga akan bersaing dan kita juga pasti menyiapkan regenerasinya,"ucapnya. (IP12)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • olymptrade

    Once you've set up your corner, remain back around 20 feet and unbiasedly ...

    View Article
  • Sulistyo

    Cari yang halal tho. ...

    View Article
  • karamba

    Losing weight or weight reduction is a hot topic nowadays. I am sure that these ...

    View Article
  • Toko Bunga Surabaya

    Semoga di hari jadi ini dapat menjadi langkah awal untuk menjadi kota yang lebih ...

    View Article