Revitalisasi Program KB Untuk Membangun Keluarga Indonesia Sejahtera

By Redaksi 08 Des 2017, 11:23:10 WIBNusantara

Revitalisasi Program KB Untuk Membangun Keluarga Indonesia Sejahtera

Keterangan Gambar : By Tri Setiowati : DR dr Sugiri Syarif MPA, ketua YCCP dan Inne Silviane Direktur Eksekutif YCCP.


Pontianak - Intipos.com - Dalam 10 tahun terakhir ini program Keluarga Berencana dinilai jalan ditempat. Jumlah kelahiran yang dulunya dibatasi kini sepertinya kebablasan. Jumlah kelahiran cenderung naik lagi.

Untuk itu dirasa perlu untuk merevitalisasi Program Keluarga Berencana agar Indonesia bisa melanjutkan membangun Keluarga Sejahtera.

Direktur Eksekutif Yayasan Cipya Cara Padu, Inne Silviane yang ditemui disela sela acara Lokakarya Nasional Pembelajaran Program Keluarga Berencana Tahun 2017 di Mercure Hotel, Kamis, 7 Desember 2017 mengatakan bahwa kegiatan ini dimulai dari tahun 2009 dengan program Advance Family Planning. 

Kita ajak para stek holder Bupati/walikota dan Gubernur untuk berinisiatif kembali meningkatkan program KB dan meningkatkan anggaran agar akses pelayanan KB meningkat.

Ternyata advokasi AFP juga tidak hanya berdampak pada peningkatan kesehatan reproduksi tapi juga mampu meningkatkan taraf kehidupan ekonomi keluarga,karena mereka mampu membuat perencanaan keluarga yang lebih baik.

Banyak keluarga bisa lebih mandiri. Kaum perempuan bisa lebih berkontribusi pada peningkatan ekonomi keluarga dengan bekerja tanpa meninggalkan perannya sebagai ibu rumah tangga.

Sementara itu Ketua Yayasan YCCP, DR Dr Sugiri Syarif MPA mengatakan bahwa pihaknya ingin agar fungsi Keluarga Berencana di era desentralisasi berjalan dengan baik. Dengan membuat pilot Project dibeberapa kabupaten/kota seperti di Pontianak, Bengkayang, Kapuas Hulu.

Alhamdulillah sekarang  Gubernur Kalbar meminta agar semua kabupaten/kota di Kalbar harus ikut program revitalisasi KB ini. "Dengan reflikasi InshaaAllah KB berjalan hingga tingkat desa." kata Sugiri.

Ia menambahkan bahwa selama ini banyak kritik yang disampaikan wartawan yang menyebutkan bahwa KB saat ini tidak terdengar lagi gaungnya. Untuk itu dengan revitalisasi sekarang kita buktikan dan kita bergerak langsung ditingkat bawah.

Alokasi Dana Desa yang begitu besar bisa digunakan untuk program revitalisasi KB ini dan program pro rakyat lainnya. Misalnya dengan membangun mental masyarakat untuk menjadi lebih baik.(Tri)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Instant Online Loans

    poor credit loans guaranteed approval <a ...

    View Article
  • Money Loan

    loans guaranteed approval <a href="https://loansguaranteedapproval.com/">o ...

    View Article
  • Online Payday Loan

    personal loans guaranteed approval <a ...

    View Article
  • Loan Cash

    personal loans guaranteed approval <a ...

    View Article