Rencana Aksi Nasional Kelapa Sawit Berkelanjutan

By Redaksi 16 Sep 2017, 05:30:08 WIBEkonomi

Rencana Aksi Nasional Kelapa Sawit Berkelanjutan

Keterangan Gambar : By Tri Setiowati


Pontianak, Intipos.com - Forum Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia, selama 2 hari kemarin menggelar acara Focus Group Discussion di Aston Hotel Pontianak. Acara ini dihadiri sekitar 70 an orang peserta dari berbagai unsur yang terlibat.

Seperti diketahui kelapa sawit merupakan komoditi global yang penting dan memiliki berbagai kegunaan, baik di industri pangan, kecantikan, dan lain lain. Sawit seperti gadis muda belia yang begitu sexi menjadi primadona investasi saat ini.

Sawit pun tumbuh subur di Indonesia, membantu perekonomian masyarakat di pedesaan dan menyumbang sekitar US $ 20 Milyar pertahun dalam pendapatan export. Sektor nasional ini harus dikelola dan dijaga dengan baik demi generasi mendatang.

Menurut Deputi bidang koordinasi  Pangan dan Pertanian Kemenko Perekonomian, Musdalifah Machmud, Sebagai produsen  kelapa sawit terbesar di dunia, Indonesia mempunyai peranan penting untuk memastikan ketersediaan nya produk berkelanjutan bagi konsumen di seluruh dunia.

Apalagi beberapa tahun belakangan ini sektor kelapa sawit Indonesia mendapat kritik dari pemangku kepentingan Internasional terkait praktek yang tidak berkelanjutan dan kurang teregulasi. Dari sisi ini pemerintah menurut Musdalifah berusaha untuk memperbaiki sektor kelapa sawit ini.

Rencana Aksi Nasional ini dimaksudkan sebagai salah satu inisiatif yang akan berperan serta dalam mentransformasi sektor kelapa sawit yang lebih berkelanjutan. Hal ini penting dilakukan, tidak hanya untuk menjawab permasalahan lingkungan terkait pertumbuhan industri yang sangat pesat, tetapi juga untuk menjaga stabilitas harga serta menjamin daya saing dipasar global.

Kami mengharapkan masukan dan saran dari para pihak, agar RAN ini mampu menjawab berbagai tantangan. "Dapat memenuhi kebutuhan maupun tuntunan pasar Internasional untuk produk kelapa sawit yang berkelanjutan, serta langkah langkah yang perlu dilakukan agar sektor kelapa sawit Indonesia bisa mencapai tujuannya." pungkas Musdalifah. (Tri)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir