Rapat Pleno Terbuka KPU Tetapkan DPT Pilkada Jatim 2018

By Redaksi 19 Apr 2018, 14:59:54 WIBPolitik

Rapat Pleno Terbuka KPU Tetapkan DPT Pilkada Jatim 2018

Keterangan Gambar : By Tyo


Intipos.com | Pacitan - Menjelang Pesta Demokrasi Pemelihan Kepala Daerah Jawa Timur 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan menetapkan Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), Keputusan tersebut diambil dalam rapat pleno KPU terbuka tentang rekapitulasi DPSHP dan penetapan DPT.

Jumlah DPT sebanyak 460.102 jiwa itu tersebar di 171 desa dan 993 TPS. Dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 227.722 jiwa dan pemilih perempuan sebanyak 232.380 jiwa.

Ketua KPU Pacitan Damhudi dalam keterangannya mengatakan rapat pleno terbuka merupakan salah satu tahapan dari pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Tahun 2018. 

"Sebelum rapat pleno digelar petugas telah melaksanakan rapat DPSHP dan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Dalam rekapitulasi, Panwas Kabupaten dapat memberikan masukan kepada KPU untuk diperbaiki dan masukan tersebut harus disertai data yang lengkap," jelasnya, Rebu (18/4/2018).

KPU menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dispendukcapil yang selama ini sangat kooperatif dan terbuka serta bisa bekerja sama dengan KPU dalam proses coklit dan data pemilih dari tingkat desa dan kecamatan. 

"Kami persilahkan semua pihak untuk menyampaikan masukan-masukan terkait DPT agar masyarakat di Pacitan jangan sampai atau tidak mempunyai hak pilih," tegas Mantan aktivis LSM internasional tersebut. 

Sunyoto Karyawan Timses Paslon No 2 meminta kepada Dinas Dukcapil segera memberikan Surat Keterangan (Pengganti E-KTP) kepada masyarakat yang melaksanakan sudah melaksanakan rekaman tetapi E-KTP belum jadi untuk bisa mencoblos dalam Pilgub Jatim 2018.

 "Karena E-KTP merupakan data diri kita sebagai warga Negara Indonesia bukan hanya untuk administrasi dalam Pemilu saja tapi untuk kepentingan lainya, Harapan kami antusiasme masyarakat dalam Pilgub Jatim 2018 akan meningkat," Pintanya.

Secara terpisah Divisi Penyelenggara dan Data KPU Pacitan Sittah AAQ menambahkan, rekap perhitungan suara dan rekap pemilih merupakan persoalan mendasar yang menjadi atensi publik. 

"Bila sampai saat pencoblosan masih ada yang belum terdaftar, kami memberikan kesempatan untuk pendaftaran pada hari H," ungkapnya.

Menurutnya, saat ini masih ada pemilih yang belum terdaftar pada DPS dan DPT.

 "Karena itu mari kita upayakan untuk jumlah pemilih bisa semaksimal mungkin," jelas Sittah

Yuli Sulistyowati dari Dinas Dukcapil Pacitan menyatakan, Semua aspirasi dari Timses akan kami tampung dan kita sampaikan ke Pimpinan.

"Untuk Surat Keterangan akan kita siapkan untuk masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih serta sudah melaksanakan perekaman,"ujarnya. (tyo)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Instant Online Loans

    poor credit loans guaranteed approval <a ...

    View Article
  • Money Loan

    loans guaranteed approval <a href="https://loansguaranteedapproval.com/">o ...

    View Article
  • Online Payday Loan

    personal loans guaranteed approval <a ...

    View Article
  • Loan Cash

    personal loans guaranteed approval <a ...

    View Article