Polresta Sidoarjo Berhasil Menggagalkan Peredaran 5.395.000 Pil PCC. 

By Eddy Surbakti 19 Jan 2018, 08:19:55 WIBKriminal

Polresta Sidoarjo Berhasil Menggagalkan Peredaran 5.395.000 Pil PCC. 

Keterangan Gambar : Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin Menunjukan Hasil Pengrebekan Jutaan Pil PCC Oleh Jajaran Polresta Sidoarjo


Sidoarjo | Intipos.com -  Jajaran Kepolisian Resort Kota Sidoarjo menggerebek sebuah rumah kontrakan di Dusun Cangkring, Desa Sawocangkring, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo. Rumah seluas 5x12 meter itu digunakan untuk menyimpan jutaan pil Paracetamol, Cafein, dan Carisoprodol (PCC). Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin mengapresiasi kinerja Polresta Sidoarjo, yang berhasil menggagalkan peredaran 5.395.000 pil PCC. 

Menurut Machfud, jutaan pil PCC hasil dari penggerebekan di Dusun Cangkring, Desa Sawocangkring Kecamatan Wonoayu Sidoarjo, ini berasal dari Jawa Tengah. "PCC ini diduga berasal dari kota di Jawa Tengah. Dan rencana akan diedarkan secara lokal, terutama di Kalimantan," ujar Machfud kepada pewarta di Mapolsekta Wonoayu Sidoarjo, Kamis (18/1).

"Pil PCC ini termasuk salah satu jaringan rangkaian dari Citraland Surabaya yang sudah tertangkap dua bulan lalu," lanjut Machfud.  Kapolda menambahkan, jenis obat yang berhasil diamankan di Sidoarjo sama dengan obat hasil penggrebekan di Citraland Surabaya. Saat itu, pihaknya berhasil menyita dan mengamankan sekitar 3 juta butir pil PCC.  "Kalau Sidoarjo lebih banyak. Pil PCC yang diamankan sebanyak 5.395.000 butir terdiri dari PCC sebanyak 375.000 butir, DPM 3.600.000 butir, dan Somadril 1.420.000 butir," tambahnya.

Sementara untuk tersangka yang saat ini tertangkap, kata Machfud, juga salah satunya pernah tertangkap di Citraland. "Tersangka ini akan dijerat dengan UU Kesehatan No 36 tahun 2009 dengan pasal 196 dan pasal 197 dengan ancaman lebih 10 tahun penjara,"tandasnya. Menurut Kapolresta Sidoarjo Kombepol Himawan Bayu Aji menjelaskan,Di dalam rumah itu polisi menemukan 5.335.000 butir pil PCC. Jutaan pil itu dikemas ke dalam 106 dus dan 45 botol kemasan, polisi juga mengamankan tersangka berinisial IM (52).

"Kami mengamankan jutaan pil PCC yang dikemas ke dalam 106 dus dan 45 botol yang siap edar," ujar Kapolresta. Himawan sapaan akrab Kapolresta menambahkan, jutaan pil PCC tersebut sudah dikemas mengunakan alat press dan aluminium foil. "Tersangka ini setiap bulannya mendapatkan imbalan dari pemilik pil PCC yang berinisial A, sebesar Rp 7 juta hingga Rp 9 juta," tambahnya.

Pihaknya akan melakukan penelitian di laboratorium terkait kandungan pil PCC ini. Hasil laboratorium akan dijadikan acuan. Himawan juga akan melakukan penyelidikan, apakah rumah tersebut hanya dijadikan tempat pengepakan saja. "Kalau dijadikan tempat pengepakan berarti ada tempat lain untuk memproduksi,"pungkasnya.(rap/tyo)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Iq option

    With an intrigue just home loan, you just pay back the enthusiasm on the home loan ...

    View Article
  • olymptrade

    Once you've set up your corner, remain back around 20 feet and unbiasedly ...

    View Article
  • Sulistyo

    Cari yang halal tho. ...

    View Article
  • karamba

    Losing weight or weight reduction is a hot topic nowadays. I am sure that these ...

    View Article