Poldasu Reaksi Cepat Dumas 3 Tahun LP Tidak Ada Kepastian Hukum Dipolres Karo

By Eddy Surbakti 06 Jul 2018, 14:58:37 WIB

Poldasu Reaksi Cepat Dumas 3 Tahun LP Tidak Ada Kepastian Hukum Dipolres Karo

Keterangan Gambar : Kantor polisi daerah sumatra utara


Medan - intipos.com - Polda Sumatra Utara merespon dengan cepat Pengaduan Masyarakat terkait Hampir tiga tahun laporan polisi tidak mendapat kepastian Hukum di Kantor Polisi Resor (Polres) Tanah Karo.

Dame Surbakti melaporkan secara langsung kepada Bagian Pengawas Penyidik (Waaidik) di Ditkrimum Mapoldasu. selanjutnya Bagian Wassidik langsung melakukan Gelar Perkara khusus berdasarkan dari laporan Pengaduan Masyarakat (Dumas) Dame surbakti yang sudah menjadi perhatian publik, tertanggal 3/7 terkait Kepastian Hukum dan proses penanganan Perkara no Lp/1457/IIX/2015/SPKT "I" tertanggal 07 Desember 2015 yang dirujuk kepada Polres Karo.

Dame Surbakti menjelaskan diacara gelar Perkara di Aula Ditreskrimum Polda sumut (5/7) bahwa yang dilaporkanya adalah terkait Tindak Pidana Pencemaran nama baik dengan tulisan dan membuat keterangan palsu kedalam Akte Autentic, dan bukan masalah Perdata. 

Didalam pelaksanaan gelar perkara tersebut, pimpinan Gelar Perkara (Kabag Wassidik) Ditreskrimsus AKBP Didit Miharja menekankan kepada Penyidik dan Penyidik Pembantu dari Polres karo yang menangani haruslah melakukan langsung Cek kelapangan. dan minta juga keterangan Ahli, panggil pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten karo agar dapat menentukan kebenaran salah satu sertifikat tersebut.

Pimpinan Gelar Perkara juga dengan tegas mengatakan Pengadilan yang menentukan ada atau tidak terjadi Tindak Pidana yang dilakukan, bukan Penyidik yang menentukan ujar Kabag Wassidik.

lanjut Kabag Wassidik dengan membaca isi pertimbangan dari putusan sela dan menyimpulkanya bahwa Dakwaan dicabut dan dibatalkan demi hukum karena dianggap cacat hukum oleh hakim yang memutuskan perkara di Pengadilan Negri Kabsnjahe. maka dari itu laporan polisi no Lp/129/II/2013/RES.T Karo. sudah selesai, dan bila pelapor keberatan silahkan membuat laporan baru, tegas Pimpinan gelar perkara.

Saat diberi kesempatan untuk berbicara, Nelwan surbakti (terlapor) hanya membantah bahwa sertifikat yg dimilikinya lebih tua tahunya dari sertifikat milik Dame Surbakti, ujar Nelwan. Rubianto SH juga menanggapi dan membenarkan paparan dari penyidik Polres Karo dengan mengatakan bahwa permasalahanya adalah Sertifikat yg tumpang tindih dengan satu obyek yang sama.

menurut keterangan Pangrib yang juga ikut hadir mendampingi Pelapor saat gelar perkara mengatakan bahwa penyidik dari Polres karo semakin memperlihatkan ketidak Profesionalan dan keberfihakan dalam bertugas memproses perkara Pdana ini.

Penyidik dari Polres Karo Togu siahaan berani mengatakan kepada Pelapor bahwa "Tidak ada ditemukan tindak Pidana didalam laporan Polisi yang dilaporkan Dame Surbakti di SPKT I Polda sumut "

Sementara sudah jelas yang dikatakan oleh Kabag Wassidik bahwa Pengadilanlah yang bisa menentukan ada atau tidak terjadi tindak Pidanaya, bukan Penyidik yang menilai, jelas Pangrib kepada intipos.com mengutip ucapan Kabag Wassidik. dan pelapor juga akan melaporkan penyidik polres karo ke Bid Propam Polda Sumut terkait keberfihakan dan ketidak profesionalan penyidik terhadap kasus ini, terang Pangrib.

Amatan intipos.com didalam Gelar Perkara tersebut sangat terlihat jelas sebab dari lamanya Proses penangan laporan Polisi yang dibuat di Mapoldasu. jawaban dan reaksi dari Tim penyidik Polres Karo sangat jelas menunjukan keberfihakan serta ketidak Profesionalan didalam menangani kasus Dugaan pemalsuan keterangan kedalam akte Autentik. 

Togu Siahaan sebagai Tim penyidik dari Polres karo memaparkan dan mengaitkan dengan Perkara Perdata dan Putusan Sela Kasus Pidana dengan mengatakan tidak ada Tindak Pidana yg ditemukan, dan masih menunggu putusan tetap dari laporan Polisi Lp/129/II/2013/RES.T Karo.

setelah usai Gelar Perkara bersama pihak Pelapor dan juga terlapor. Kabag Wassidik langsung memimpin acara Gelar Perkara secara internal./IP09


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • beekmompouse

    pharmacy cost comparison <a href=http://canadianpharmaciesnnm.com/>canadian pharmacy ...

    View Article
  • Regechpouse

    canada pharmacies prescription drugs <a ...

    View Article
  • beekmompouse

    canadian mail order pharmacies <a href=http://canadianpharmaciesnnm.com/>canada ...

    View Article
  • Regechpouse

    compare rx prices <a href=http://canadianpharmaciescubarx.com/>canadian pharmacies ...

    View Article