PLN Sumut Meresmikan Program Lisdes di 66 Desa Tersebar di Beberapa Kabupaten

By Redaksi 21 Des 2017, 16:54:38 WIBBisnis

PLN Sumut Meresmikan Program Lisdes di 66 Desa Tersebar di Beberapa Kabupaten

Keterangan Gambar : Istimewa


Intipos.com, Tarutung (Sumut) - PLN Wilayah Sumut sedang menggalakkan Progres Listrik Pedesaan (Lisdes), sehingga masyarakat bisa menikmati listrik. 

"Total desa yang telah diproses sebanyak 205 lokasi desa, total desa yang listriknya sudah menyala sebanyak 117 desa. Jumlah desa yang sudah diresmikan di Hari Listrik Nasional (HLN) sebanyak 51 desa diresmikan pada 27 Oktober 2017 oleh Gubernur," kata General Manager PLN Wilayah Sumut, Feby Joko Priharto, Kamis (21/12/2017).

Kali ini, kata Feby, pihaknya sudah meresmikan listrik di pedesaan sebanyak 66 desa yang tersebar di beberapa kabupaten di Sumut. "10 desa berada di Kabupaten Tapanuli Utara, sementara dua desa di Kabupaten Tobasa dan Humbahas sebanyak empat desa," ujarnya.

Maka dari itu, kata Feby, pihaknya berharap kepada seluruh stakeholder bisa mendukung PLN untuk melistriki desa-desa di Taput. 

Ia mengaku roadmap pembangungan Lisdes di Sumut yang sudah teraliri listrik sudah 5.799 desa, sementara jumlah desa yang belum teraliri listrik sebanyak 311 desa. "Harapan kami tahun depan kami bisa melistriki 99,99 persen desa. Kita tidak ingin mengatakan akan melistriki desa 100 persen, karena desa bisa saja terus bertambah dan bermekaran,"katanya.

Ia berharap dengan masuknya listrik ke pedesaan, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di 66 desa yang baru saja diresmikan. "Dan ini merupakan kado Natal terindah dari PLN kepada masyarakat. Kami ingin membangun Sumut melalui Desa,"ujarnya.

Sementara itu, Direktur Bisnis Regional Sumatera Wiluyo Kusdwiharto dalam sambutannya mengatakan bahwa secara berkelanjutan, PLN terus menyediakan listrik untuk masyarakat, tidak hanya masyarakat kota besar melainkan sampai ke desa di pelosok negeri ini, PLN tetap sediakan listrik.

Ia mengatakan beberapa kali dirinya menghadiri peresmian Listrik Pedesaan (Lisdes) mulai dari Aceh sampai Lampung. 

"Saya terenyah ketika melihat masyarakat karena masih ada desa yang 72 tahun baru menikmati listrik. Ini yang menjadi pemicu semangat kami untuk melistriki hingga pulau terluar dan terdepan,"katanya.

Pada 2019, katanya, targetnya PLN akan melistriki seluruh desa di Indonesia khususnya Sumatera Utara. 

"Tercatat ada 74.617 desa yang sudah terlistriki oleh PLN dan tidak kurang dari 28 ribu desa berada di Pulau Sumatera,"ujarnya.

Dengan terus meningkatnya jumlah desa yang terlistriki, katanya, PLN telah menunjukkan komitmen yang serius untuk meningkatkan rasio elektrifikasi nasional hingga 97,3 persen pada tahun 2019.

"Perlu diketahui bersama bahwa saat ini rasio elektrifikasi nasional telah mencapai 93,5 persen yang mana telah melebihi target yang ditetapkan pemerintah sebesar 92,75 persen,"katanya.

Dikatakannya, listrik merupakan komoditi yang sangat vital sebagai pemantik sendi perekonomian rakyat. Dengan adanya listrik masuk ke desa-desa, sambung Wiluyo diharapkan produktivitas dan kualitas hidup masyarakat akan terus meningkat.

"Sebagai contoh dengan adanya listrik di siang hari, masyarakat desa sekarang dapat menggunakan mesin pendingin untuk berjualan makanan maupun menyimpan ikan. Dan pada saat malam hari, masyarakat bisa melakukan aktivitas seperti belajar dan tetap berjualan melalui penerangan yang memadai,"ujarnya. (red) 


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Jasa Bangun Rumah

    Infonya sangat berguna bagi kami, Thank you. https://jasaseo.website | ...

    View Article
  • Custom Essay Service - Theessayhelp.co.uk

    A large portion of instructive data over various types of online journals don't ...

    View Article
  • Do my Assignment for me

    This post is sufficient to influence some person to comprehend this stunning thing, ...

    View Article
  • write my assignment uk

    I've appropriate chosen to assemble a blog, which I hold been inadequate to ...

    View Article