Pengungsi Sinabung Demo, Bupati Karo Sudah Lawan dan Bohongi Presiden Jokowi
Tahun 2016 Harus Kosongkan Posko-posko Pengungsian Dengan Merelokasi Para Pengungsi

By Redaksi 12 Sep 2017, 08:04:52 WIBPeristiwa

Pengungsi Sinabung Demo, Bupati Karo Sudah Lawan dan Bohongi Presiden Jokowi

Keterangan Gambar : By E Surbakti : Bupati karo saat temui massa pengungsi di halaman kantor pemkab karo.


Kabanjahe, intipos.comwarga pengungsi asal empat desa Singgarang-garang, Sukanalu Teran, Kuta Gugung dan Mardinding usai berorasi digedung DPRD Karo melanjutkan kekantor Pemkab karo untuk menuntut kejelasan nasib mereka pada Bupati Karo, Senin (11/9/2017)
         
Para pengungsi mendesak Pemkab Karo agar segera merelokasi mereka dari posko posko pengungsian. “Kami tak mau lagi tinggal di posko, kosongkan semua posko pengungsian. Indonesia sudah 72 tahun merdeka, kenapa kami masih tinggal di posko penampungan. Apa bedanya kami dengan warga lain. Kami juga berhak hidup normal,” teriak massa para pengungsi sembari meneriaki Bupati Karo Terkelin Brahmana kami tidak percaya lagi, Presiden RI sudah berjanji di tahun 2016 harus Kosongkan Posko Posko Pengungsian dengan Merelokasi para Pengungsi, Bupati karo sudah lawan dan bohongi Presiden Jokowi, bagaimana lagi kami bisa Percaya teriak teriak Massa.
     
Massa juga menuntut pencairan sewa rumah dan lahan yang telah dijanjikan Pemkab Karo sebelumnya, percepatan relokasi tahap ke III,serta biaya pendidikan anak sekolah, dan pembebasan lahan pengungsi di jalan tembus Karo Langkat.
     
Setelah sempat menggelar pertemuan di kantor pemkab, Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi wakilnya cory Sebayang, beberapa pimpinan SKPD dan unsur pimpinan daerah akhirnya menemui massa Para pengungsi dan Social Control Masyarakat.
     
Pernyataan Bupati mengaku sudah menggelar rapat dengan pemerintah pusat. Untuk mempercepat penanganan masalah ini, Bupati juga meminta perwakilan massa ikut dalam rapat yang akan digelar siang itu juga di Hotel bintang lima di Berastagi.
     
“Hari ini kita akan gelar rapat untuk membahas pengosongan posko, sewa rumah dan lahan di Berastagi. Hasilnya akan segera kita sampaikan ke pemerintah pusat di Jakarta. Mari kita sama-sama ikut mengawal,” kata Terkelin.
     
Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Karo, Martin Sitepu juga meminta maaf atas lambannya penanganan pengungsi. “Kami minta maaf atas lambatnya penanganan pengungsi ini. Penanganan terhambat karena prosedur yang banyak. Program mengenai pengosongan posko sudah dilaksanakan dan diusulkan ke pusat. Mengenai masalah sewa rumah dan lahan juga terhambat dengan tak adanya bangunan fisik,” katanya yang disambut makian dan kecaman dari massa pengungsi.Martin juga mengaku pihaknya akan berikan keputusannya esok hari “Target kita bulan 10 tak ada lagi pengungsi yang tinggal di posko. Tapi sampai hari ini memang tak ada dana di Rekening Daerah untuk baya sewa rumah dan lahan, kalau tak percaya kami juga siap diaudit,” tandasnya.
     
Sambil menangis, seorang massa Pengungsi  meminta langsung kepada bupati karo dan para pejabat dijajaran Pemkab karo untuk merasakan hidup di Posko pengungsian untuk beberapa hari,Bupati karo tak menjawab permintaan pengungsi itu.
     
Hingga berita ini dinaikan, massa pengungsi memilih tetap bertahan di kantor Bupati menunggu hasil rapat. Pantauan wartawan, hingga pukul 17.25 Wib, warga pengungsi masih setia menunggu kepastian. Dengan kondisi cuaca sedikit berhujan, warga pengungsi memasak didepan kantor bupati karo. (IP09)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. Tarigan 12 Sep 2017, 13:28:48 WIB

    Lanjutkan sampai tuntas , jangan menyerah sebelum mati

    Peduli Tanah Karo Siamalem 15 Okt 2017, 10:31:01 WIB

    Pemimpin dan antek-anteknya semua gila jabatan..
    Hanya mengandalkan duit dan deking..

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir