Pemda Karo ijinkan Bangunan Videotron Berdiri Diatas Trotoar Dan Berdalih Tidak Ada Perbub Karo

By Eddy Surbakti 15 Sep 2018, 11:47:01 WIB

Pemda Karo ijinkan Bangunan Videotron Berdiri Diatas Trotoar Dan Berdalih Tidak Ada Perbub Karo

Keterangan Gambar : bangunan videotron yg diberi ijin oleh pemda karo dengan dalih tidak ada peraturan bupati karo yg mengatur



intipos - Tanahkaro - Terkait Pemberian ijin Bangunan Videotron berdiri diatas Trotoar Brastagi, Pemda karo mengaku tidak mengetahui adanya undang undang yang mengatur tentang jalan dan trotoar, serta mengabaikan Peraturan Pemerintah (PP) 34 tahun 2006 tentang pelarangan penggunaan trotoar yang disebutkan dalam pasal 34 ayat (4) mengatakan bahwa trotoar hanya diperuntukan bagi lalulintas pejalan kaki.

Amatan intipos di lapangan melihat keberadaan berdirinya Bangunan Videotron diatas trotoar Brastagi diduga telah melanggar aturan dari Perundang Undangan serta Peraturan Pemerintah (PP) tentang jalan dan trotoar. seperti yang tertulis juga dalam peraturan tentang Trotoar sebagai Perlengkapan jalan berdasarkan Pasal 28 ayat (2) UU LLAJ yang menyatakan "Setiap orang dilarang melakukan Perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi Perlengkapan jalan " 

Pemerintahan Daerah (Pemda) karo melalui kantor Dinas Perijinan terpadu satu pintu saat dikonfirmasi intipos terkait kebenaran dan alasan Pemkab Karo Mengijinkan Bangunan reklame dan Bangunan Videotron berdiri diatas Trotoar, serta mempertanyakan kebenaran Pemkab Karo dengan sengaja mengabaikan Peraturan Perundang Undangan serta Peraturan Pemerintah (PP) tentang jalan dan trotoar.

Kepala Dinas perijinan Pemkab Karo melalui Kepala seksi Bidang Pengawasan Dinas Perijinan, Sinarta Barus saat dikonfirmasi (12/9) dikantor Dinas Perijinan Pemkab karo mengakui dan menjelaskan kepada intipos bahwa Bangunan Videotron diatas Trotoar Brastagi miliki ijin hingga awal tahun 2019, ijin tersebut diberikan kepada CV Pelangi, dibidang rokok produk jarum dan ijin diberikan atas nama Har surbakti Harahap yang berkedudukan di kota medan. 

Bangunan Videotron tersebut sudah berdiri selama hampir dua tahun, tolong lah bang, biar kita tunggu aja sampai awal 2019, dan tidak akan kita perpanjang lagi ijinya. kalau sekarang dibongkar kita takut nantinya akan di PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara) kan oleh pihak CV Pelangi terkait surat perjanjian ijin yang telah kita keluarkan, ujar Sinarta.

lanjut Sinarta, Bangunan Videotron tersebut di ijinkan karena tidak ada Peraturan Bupati (Perbub) karo yang mengatur ujar Sinarta Barus menirukan ucapan Kepala Dinas Perijinan Pemkab karo Susi iswara br Bangun. dan bila nanti dianggap berdirinya Bangunan Videotron dan Bangunan reklame diatas trotoar tersebut terdapat menyalahi dan melanggar Peraturan yang ada, maka kita akan menyurati pihak Vendor untuk Berkoordinasi terkait Pembongkaranya, jelas sinarta.

Selanjutnya intipos menunjukan kepada Kasi Pengawasan Dinas Perijinan Pemkab Karo terkait adanya Peraturan dan Sanksi yang tertulis tentang larangan mempergunakan trotoar, seperti Pasal 131 ayat 1 UU LLAJ yang menyatakan ketersediaan fasilitas Trotoar merupakan Hak pejalan kaki. dan fungsi Trotoar ditegaskan juga didalam Pasal 34 ayat (4) PP Jalan yang berbunyi "Trotoar sebagaimana dimaksud pada ayat (3) hanya diperuntukan bagi lalulintas pejalan kaki" dan Sanksi sesuai dengan Pasal 274 ayat 2 UU LLAJ yang menyatakan Sanksi terhadap orang yang menggunakan Trotoar sebagai milik Pribadi dan mengganggu pejalan Kaki diancam Pidana Penjara paling lama 1 tahun atau denda Rp 24.000.000 (duapuluh empat juta rupiah. 

menanggapi hal tersebut, Kasi Pengawasan Dinas Perijinan Pemkab Karo Sinarta Barus berdalih tidak mengetahuinya dengan mengatakan " kita baru ini mengetahui adanya aturan larangan tentang jalan dan trotoar tersebut, ujar Kasi pengawasan Dinas Perijinan Pemkab Karo mengakhiri./IP09


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Instant Online Loans

    poor credit loans guaranteed approval <a ...

    View Article
  • Money Loan

    loans guaranteed approval <a href="https://loansguaranteedapproval.com/">o ...

    View Article
  • Online Payday Loan

    personal loans guaranteed approval <a ...

    View Article
  • Loan Cash

    personal loans guaranteed approval <a ...

    View Article