Panen Perdana Kebun Percontohan Bukti PKK Provinsi Kalbar Bekerja

By Redaksi 04 Jun 2016, 21:16:35 WIBNusantara

Panen Perdana Kebun Percontohan Bukti PKK Provinsi Kalbar Bekerja

Keterangan Gambar : Panen Raya Kebum Percotohan


Intipos.com, Kalbar-
Panen perdana di kebun percontohan kerjasama TP- PKK provinsi Kalimantan Barat dengan dinas pertanian tanaman pangan dan holtikultura provinsi Kalimantan Barat di komlek permata hijau kecamatan Ngabang kabupaten Landak Sabtu (4/6). Panen perdana ini yang ketiga kalinya, yang pertama di kota baru Pontianak dan Rasau Jaya kabupaten Kubu Raya.

Panen perdana di kebun percontohan TP- PKK provinsi Kalbar yang dihadiri oleh SKPD provinsi Kalimantan Barat, bupati Landak bersama ibu, wakil bupati Landak bersama ibu,  penyuluh pertanian dan kelompok tani se-kabupaten Landak,  ini membuktikan bahwa PKK provinsi Kalimantan Barat dan pengurusnya bekerja.

Ketua PKK provinsi Kalimantan Barat, Ny Frederika Cornelis mengatakan, Tanaman sayuran dan buah-buahan itu mengutamakan pupuk organik siap saji, ada juga yang langsung dan ada juga yang berupa pupuk cairan.Tanaman sayur dan buah buahan ini merupakan hasil evaluasi tidak rentan dari penyakit dan cuaca.

Bibit sayur dan buah buahan yang di tanam di kabupaten Landak adalah bibit yang baru-baru berbeda dengan bibit yang di tanam di kota baru Pontianak atau yang di Rasau jaya.

Untuk tanaman melon ada 4 macam, tetapi kami melihat dengan cuaca yang tidak menentu ini ada 1 jenis melon yang tahan dengan cuaca serta  penyakit atau hama.

Diberitahukannya Ny frderika, bahwa melon yang di tanam itu adalah melon jenis paritas baru golden aroma satu buah bisa 4  kilo lebih. Milon ini rasa aromanya harum dan gurih rasanya.

Panen yang kedua waktu lalu, untuk cabenya saja mencapai 14 ton dan melonnya 15 ton, terong ada 600 kilo lebih dalam satu kali panen cukup berhasil.

Jenis cabe cakra tidak terlalu cerewet untuk di tanam, kuat terkena hama dan panas, tidak bermasalah. Kalau membeli bibit jangan sembarang, tanaman yang tiga ini sudah terbukti.

Kami sudah mencoba tiga kebun percontohan, melon yang paling baik adalah melon yang mau kita panen ini adalah melon jenis paritas baru golden aroma.

Ny. Frederika Cornelis juga sempat menyinggung SKPD kepala dinas pertanian kabupaten Landak yang diundang tidak hadir, bagai mana memberikan penyuluhan dan contoh kepada petani, diundang saja tidak hadir," jelas Frederika.

Dilanjutkan Frederika, tanaman sayuran pare ini dulu sudah kita panen juga, namun sekarang kita panen lagi masih bagus, buahnya banyak sekali dengan jelis pare lipa V 1 brida dari tanah merah.

Kalau cabe ramit ini adalah jenis  FRT 544 dari kapal terbang. Sedangakan terong hijau ini dari tanah merah. 4 jenis bibit tanaman ini boleh di beli," kata Frederika.(Stn)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • pay for assignment writing

    This article is really contains lot more information about This Topic. We have read ...

    View Article
  • write my college paper for me

    It was really good work. I really like your thoughts.I personally appreciates for ...

    View Article
  • essential oil indonesia

    saya eprnah mencobanya memang cukup bagus noda hilang dan kulit terlihat jadi bersih ...

    View Article
  • Harga Speaker Aktif

    Harga Speaker Aktif ...

    View Article