Oknum Penyidik Polres Karo Abaikan Putusan MK

By Eddy Surbakti 06 Agu 2018, 07:14:05 WIBHukum

Oknum Penyidik Polres Karo Abaikan Putusan MK

Keterangan Gambar : By Edi Surbakti : kantor Polisi Resor Tanah Karo


Medan - intipos.com - Laporan Polisi yang hampir tiga tahun lamanya tanpa Proses dan tanpa Prosedural yang sesungguhnya hingga berakibat tidak adanya Kepastian Hukum didalam Lp/1457/IIX/2015/SPKT "I" tertanggal 07 Desember 2015. Kini akhirnya akan dihentikan Proses Penyidikanya dengan alasan Rekomendasi hasil gelar Perkara di Aula Ditkrimum Polda Sumut tanggal 5 juli 2018, sesuai dengan isi Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) tertanggal 27 juli 2018, atas nama Kapolres Tanah Karo.(tanpa lampiran hasil gelar). 

Kepada awak Media, Dame Surbakti menuturkan, Bila proses Penyidikan dari Laporan Polisi Lp/1457/IIX/2015/SPKT "I" tertanggal 07 Desember 2015 atas nama pelapor Dame surbakti dihentikan, maka tidak ada lagi harapan dari " Polisi Profesional, Modern dan Terpercaya" (Promoter) di Polda Sumut, Sebab sudah dilaporkan sampai ditingkat Pejabat Utama Polri Daerah Sumatra Utara terkait rangkaian perbuatan Penyidik yang tidak sesuai Peraturan dan abaikan Prosedural serta tidak Profesional menjalankan tugasnya.

Lanjut Dame Surbakti, bahwa Penyidik dan penyidik pembantu terlihat berkepihakan serta sangat bersikap tidak Profesional dalam melaksanakan Tugas, dan terlihat seperti berupaya untuk menghambat proses penyidikan dan menghambat pengungkapan kasus terhadap laporan no LP/1457/XII/2015/SPKT I tertanggal 7 Desember 2015, adapun upaya menghambat yang dilakukan Penyidik : 

- Penyidik dengan sengaja tidak memberikan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) kepada Pelapor hingga saat ini.
- Penyidik juga menolak pemberian bukti tambahan berbentuk surat yang baru didapatkan Pelapor.
- Penyidik tidak pernah mau melakukan gelar perkara, walaupun pelapor mendesak agar polres karo melakukan gelar perkara.
- Penyidik juga tidak memintai keterangan Terlapor atasnama Hormat Surbakti (kini sudah almarhum ditahun 2017 di pulau batam), jelas Dame Surbakti.

Praktisi Hukum yang juga Berprofesi sebagai Advokad yang sering memberikan Advokasi kepada Masyarakat terkait Proses Hukum di sumatra utara, Donsisco Perangin angin SH, (5 agustus 2018) saat dimintai Menanggapi Proses Penyidikan di Polres Karo nomor LP/1457/XII/2015/SPKT I tertanggal 7 Desember 2015. menyatakan sangat kecewa dengan perbuatan pihak Penyidik yang tidak melaksanakan tugasnya secara Profesional sesuai dengan Aturan yang ada.

Aturan tersebut sebenarnya sudah reletif jelas dan terang didalam Kitab Undang Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), serta lebih di Konkritkan lagi pada Peraturan Kepala Polisi no 1 tahun 2012 tentang Manejemen Penyidikan, dan Putusan MK nomor 130 tahun 2015 pasal 109 ayat 1 Kuhap juga dengan jelas mengatur tentang SPDP "Setelah menerima Laporan, pihak Penyidik berkewajiban mengirimkan SPDP kepada Kejaksaan dengan batasan waktu tujuh hari, terang Don.

Lanjut Donsisco Prangin angin SH, Pelapor dapat melaporkan hal tersebut keatasan Penyidik dan bisa juga dilanjutkan Pelaporan kepada Propam, Kesimpulan saya Penyidik sudah tidak Profesional serta melanggar Peraturan yang tertuang didalam Peraturan Kapolri no 14 tahun 2012 tentang manajemen Penyidikan dilinkungan Polri, serta melanggar Hukum Acara Pidana, seperti yang tertuang didalam Pasal 1 dari KUHAP, Penyidikan adalah serangkaian tindakan Penyidik dalam hal menurut cara yg diatur dalam Undang Undang ini untuk mencari dan mengumpulkan bukti-bukti dengan membuat bukti terang tentang tindak Pidana yang terjadi guna menemukan Tersangkanya, ujar Don.

Kasat Reskrim Polres Karo AKP Rasmaju Tarigan saat dikonfirmasi melalui Aplikasi Whatsap nomor selulernya (1/8) terkait isi rekomendasi dan alasan Rekomendasi untuk Penghentian laporan Polisi tersebut diatas, hanya menjawab dengan singkat " iya tunggu aja nanti, apa hasil rekomendasi gelar Perkara tersebut, secara tertulis akan diberikan kepada yang bersangkutan, sabar ya, karena mungkin menunggu saya balik dari bogor tanggal 10 ini, ujarnya singkat.

Amatan intipos.com secara langsung saat kegiatan gelar Perkara dilaksanakan tertanggal 5 juli 2018 diaula Ditreskrimum Polda Sumut, terdengar dengan jelas Pimpinan Gelar Perkara mengintruksikan agar Penyidik dari Polres Karo untuk melakukan Cek Kelapangan dan meminta keterangan Ahli, panggil pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Karo agar dapat menentukan kebenaran salah satu sertipikat tersebut, ucap Pimpinan Gelar Perkara. (baca : Poldasu Reaksi Cepat Dumas 3 Tahun LP tidak Ada Kepastian Hukum Dipolres Karo) serta didalam gelar perkara tersebut tidak ada pembahasan terkait dari rencana tindak lanjut Penyidik untuk menghentikan Proses Penyidikan Laporan Polisi atasnama pelapor Dame Surbakti. (IP09)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Instant Online Loans

    poor credit loans guaranteed approval <a ...

    View Article
  • Money Loan

    loans guaranteed approval <a href="https://loansguaranteedapproval.com/">o ...

    View Article
  • Online Payday Loan

    personal loans guaranteed approval <a ...

    View Article
  • Loan Cash

    personal loans guaranteed approval <a ...

    View Article