Laporan Polisi Mengendap 3 Tahun di Polres Karo, Pelapor minta Poldasu Ambil Alih Penyidikan 

By Eddy Surbakti 03 Jul 2018, 13:51:22 WIB

Laporan Polisi Mengendap 3 Tahun di Polres Karo, Pelapor minta Poldasu Ambil Alih Penyidikan 

Keterangan Gambar : saat pelapor melapor ke wassidik diruangan direktorat reserse kriminal umum Polda Sumut



Medan - Intipos.com - Terkait Laporan Polisi (Lp) yang mengendap selama hampir tiga tahun lamanya di Polres Tanah karo menuai tudingan miring dari Pelapor terhadap kerja dan kinerja oknum Polri yang menangani Laporan Polisi yang dibuat di Markas Polisi Daerah Sumatra Utara (Mapoldasu) dan dirujuk untuk diproses di Polres Karo.

Hal ini yang di alami Damai Surbakti(78) warga Pulo Brayan, Kecamatan Medan Timur,Kota Medan. Meski sudah berulang kali mempertanyakan dengan mendatangi kantor Polisi Resor Tanah Karo dengan harapan mendapatkan kepastian Hukum.

kasus yang menimpa Dame Surbakti sampai saat ini belum mendapatkan titik terang untuk dapatkan keadilan. Dame Surbakti membuat Laporan Polisi di Mapoldasu dan dilimpahkan ke Polres Tanah Karo sejak Tahun 2015. 

Sesuai Laporan Polisi Nomor : LP/1457/XII/2015/SPKT, Tanggal 7 Desember 2015 dan Surat Perintah Penyidikan Nomor :SP. Sidik /884/XII/2015/Reskim,Tanggal 7 Desember 2015.dengan kerugian material Rp. 500.000.000(Lima ratus juta rupiah) 

Menurut keterangan Dame Surbakti yang diterima intipos.com, Senin(2/7) diarea kantor Poldasu saat mempertanyakan perkembangan kasusnya di bagian Wassidik Ditreskrimum mengatakan bahwa Proses dan penanganan dari Lp dugaan perkara tindak pidana yang dialaminya tidak sesuai dengan slogan Kapolri "Polri Promter" dan Progaram "Nawacita" Jokowi. 

"Seharusnya Polri tanggap dengan laporan masyarakat, sehingga tidak menimbulkan presedent buruk bagi penegakan Hukum di Sumatera Utara, dan khususnya Citra kepolisian. apalagi terkait dugaan kasus pencemaran nama baik dan menuangkan keterangan palsu ke dalam Akte autentik sesuai pasal 310,311 dan pasal 266KUHPidana "ujarnya. 

Selanjutnya dia berharap agar Kapoldasu Irjen Pol. Paulus Waterpau dapat menindak anggotanya yang tidak bekerja dengan sepenuh hati didalam melayani masyarakat. dan berulang kali saya mempertanyakan Perkembangan dari laporan Polisi ini dengan mendatangi Penyidik yang menangani. tetapi hasilnya saya selalu dibola bola dengan memberikan jawaban yang tidak masuk Logika. apalagi penyidik yang menangani kasus ini sangat terkesan memiiki kepentingan diluar dari kepentingan Penegakan Hukum.

"Saya menduga terhadap isi keterangan didalam alas Hak atau Sertifikat nomor 2.Tahun 1975,atas nama Lengkar Surbakti.yang terletak di Desa Cintarakyat, Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo adalah tidak benar dan patut diduga menggunakan keterengan Palsu," ungkapnya. 

Lanjutnya lagi, bahwa Sesuai surat keterangan Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI melalui Kepala Kantor Pertanahan Tanah Karo,nomor :226/9.12.06/III/2018. menerangkan terlihat sangat berbeda dengan fakta sesungguhnya. saya juga memohon agar Kapoldasu dapat menerima Laporan Polisi yang mengendap ini untuk ditarik kembali dan menggelar Perkara ini di Mapolda Sumut, jelas Dame.

"Isi sertifikat no 2 tahun 1975 atas nama Jihen Karo-Karo, seluas 3.812(M2) terletak di Desa Cinta Rakyat, yang dipergunakan Nelwan Surbakti. padahal berdasarkan Akta Hibah No. 30/9/1986, dan dialihkan oleh Jihen Karo-Karo kepada Lengkar Surbakti, serta juga menerangkan nama pemegang hak saat atas nama Mayam br Ginting," kata Dame Surbakti.

Kapolres Tanah Karo AKBP Benny Hutajulu SIK saat dikonfirmasi oleh Tim awak Media. Senin (2/7) mengaku sudah ditangani penyidiknya,untuk lebih lanjut langsung saja sama Kasat Reskrim.

"Kebetulan Posisi Saya masih di Tiga ras,
Silahkan langsung komunikasi dengan Kasat Reskrim ya..untuk teknis penyidikan," ujarnya singkat. 

Terpisah Kasat Reskrim Polres Tanah Karo AKP Ras Maju Tarigan juga dikonfirmasi oleh Tim awak media melalui Whatsap menjelaskan, belum ditemukan tindak pidananya maka dalam minggu ini akan kita Gelar Perkara untuk SP3, Pelapor dan Terlapor juga akan kita undang untuk hadir, ungkap Kasat Reskrim Polres karo./IP09


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Best Online Loans

    lender <a href="https://cashnow.cars">direct lender installment ...

    View Article
  • digital photo editing services

    I curious more interest in some of them hope you will give more information on this ...

    View Article
  • Dissertation Help

    Delightful work, I have gone by your site unexpectedly. Much thanks for having such ...

    View Article
  • 2D barcode

    itu lah sebabnya kewaspadaan dan ketelitian kita harus terus diperhatikan. jika sudah ...

    View Article