Kebakaran Hutan Meluas Hingga Mendekati Pemukiman Di Desa Semanten Pacitan

By M. Ebiyanto Prayogo 11 Okt 2018, 18:58:52 WIBPeristiwa

Kebakaran Hutan Meluas Hingga Mendekati Pemukiman Di Desa Semanten Pacitan

Keterangan Gambar :


INTIPOS.COM | PACITAN - Kebakaran hutan kembali terjadi di wilah Kabupaten Pacitan, Kini titik api dari atas bukit di Desa Semanten sudah dari kemarin sekira pukul 11.00 WIB dan hingga kini satuan Pemadam Kebakaran Satpol PP Pacitan masih berusaha menjinakan si jago merah.

Menurut Kabid Damkar Satpol PP Pacitan Suyanto,S.Sos mengatakan, dari kemarin Damkar menerjunkan 15 personel dengan dua armada yang di pimpin Bambang Supriyanto,SE ,Kepala Seksi Pengendalian dan Operasional Pemadam Kebakaran Bambang Supriyanto untuk memadamkan api yang sudah mendekati pemukiman warga.

"Memang kemarin kita hanya mengirim dua orang untuk memantau kondisi api, Namun sekira pukul 00.10 WIB api ssemakin mendekat ke pemukiman, Sehingga kami luncurkan satu unit mobil untuk memadamkan api yang sudah semakin dekat ke pemukiman,"ujarnya saat di temui pewarta di ruang kerjanya, Kamis (11/10/2018).

Lebih lanjut Suyanto menambahkan, Sebenarnya titik api mulai terlihat dari pukul 11.00 WIB kemarin (hari rabu_red), Karena api masih jauh dari pemukiman jadi hanya kita pantau saja.

"Dari kemarin ada titik api mulai jam 11.00 siang, Namun kita prediksi tidak membahayakan, Ternyata sehabis magrib,api sudah merambat hampir ke pemukiman warga Rt/Rw 4/1 Dusun Ngawen I Desa Semanten," Tambahnya

Pihak Pemadam Kebakaran dalam hal ini sebenarnya tidak memiliki kewenangan untuk wilayah Hutan dan Lahan yang terbakar, Pemadam Kebakaran bertugas pada sekitar pemukiman masyarakat yang terdampak kebakaran lahan dan hutan tersebut.

"Kalau kebakaran hutan dan lahan menjadi tangung jawab dari BPBD sesuai UU no 24 tahun 2007, Sedangkan pemadam kebakaran hanya berwenang pada wilayah yang yang terdapat pemukiman masyarakat, Namun sejauh ini pihak yang berwenang dengan kebakaran hutan dan lahan belum terlihat di saat ada bencana kebakaran tersebut,"tandasnya.

Saat intipos.com melihat kelokasi dan bertemu salah seorang warga di Rt/Rw 2/2 Desa Semanten mengatakan titik api berasal dari Dusun Duwetan Desa Semanten dan merembet hingga ke pingir jalan raya serta mendekati pemukiman warga, Kemarin sambil menunggu mobil Damkar, Masyarakat bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas serta di bantu Linmas Desa memadamkan dengan alat seadanya.

"Kita tidak tahu siapa yang membakar soalnya api dari Duwetan atas dari siang kemarin sudah terlihat membesar, Dan sekitar jam 08.00 WIB, Ketika saya sudah berangkat kerja, tiba-tiba anak saya datang dan bilang katanya api sudah mendekati rumah akhirnya saya kembali kerumah dan ikut memadamkan dengan peralatan seadanya di bantu bapak-bapak linmas desa juga Babinsa dan Bhabinkamtibmas,"jelas warga yang enggan di sebutkan namanya tersebut.(tyo)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Instant Online Loans

    poor credit loans guaranteed approval <a ...

    View Article
  • Money Loan

    loans guaranteed approval <a href="https://loansguaranteedapproval.com/">o ...

    View Article
  • Online Payday Loan

    personal loans guaranteed approval <a ...

    View Article
  • Loan Cash

    personal loans guaranteed approval <a ...

    View Article