Kapolres Karo Arahkan Tim Dalami Permasalahan Proses Sidik LP/1457/XII/2015/SPKT I Poldasu

By Eddy Surbakti 06 Agu 2018, 15:14:56 WIBHukum

Kapolres Karo Arahkan Tim Dalami Permasalahan Proses Sidik LP/1457/XII/2015/SPKT I Poldasu

Keterangan Gambar : By Edi Surbakti : Saat pelapor mendatangi kantor kejari karo, mempertanyakan kebenaran SPDP untuk Laporan Polisi yang dibuatnya dipoldasu apakah sudah diberitahukan atau belelum oleh penyidik dari polres karo


Intipos.com | Karo - Perbuatan oknum Penyidik dari Polres karo yang sangat tergolong Sadis serta dipastikan sangat tidak Profesional menjalankan tugas, terbukti bahwa Penyidik abaikan kewajiban yang diatur pada Putusan Mahkamah Konstitusi no 130 tahun 2015 tentang Kewajiban memberikan SPDP dan Peraturan Kapolri (Perkap) nomor 14 tahun 2012 pasal 25 tentang Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan.

Dame Surbakti menuturkan dikantor Kejaksaan Negri Karo (6/8) usai mengetahui tidak adanya tercatat dibuku Register terkait Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan oleh Penyidik dari Polres Tanah Karo Kepada Kejaksaan Negri Karo, " kalau sudah begini ceritanya, saya menduga ada terjadi transaksi uang yang besar didalam Proses Penyidikan laporan Polisi ini dan dengan tujuan menghambat Proses Penyidikan serta Menghambat Proses Pengungkapan didalam kasus ini " serta bagaimana mungkin Polres Karo bisa menghentikan Proses Penyidikan kasus ini, dimulai saja belum proses penyidikanya, ujar Dame dengan nada kesal.

lanjut Surbakti, Hancurlah Citra Penyidik Kepolisian Indonesia terkait kelakuan Penyidik yang tidak Profesional menjalankan tugasnya. saya sangat kecewa dan miris melihat kejadian ini semua, seharusnya penyidik tidak memiliki " kepentingan " yang lain daripada untuk penegakan hukum dan memberi rasa keadilan, saya akan Laporkan kepada Kapolda Sumatra Utara melalui Bidang Propam, dan bila perlu melaporkan langsung kepada Kapolri di Mabes Polri, ujarnya mengakhiri.

Bagian Informasi Jimmy Frengki menjelaskan setelah mencari dan membuka buku register pencatatan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) terhadap nomor LP/1457/XII/2015/SPKT I tertanggal 7 Desember 2015, tidak ada tercatat penerimaan SPDP dari kepolisian resor tanah karo, jelas Jimmy.

Lesseng (46) warga kota berastagi yang kebetulan berada di area kantor Kejari Karo dan telah mengamati pembicaraan antara Dame dengan awak media juga angkat bicara dengan mengatakan, berapa banyak lagi kejadian seperti ini yang sudah terjadi selama ini, dan tidak tertutup kemungkinan akan terus terjadi dikemudian hari bila persoalan ini tidak diselesaikan secara hukum. dan kita sebagai warga negara indonesia harus menjaga agar tidak terjadi benturan antara Institusi Kepolisianya dengan masyarakat ataupun sipelapor, kesalahan itu adalah akibat kepentingan Oknum, bukan Institusi Kepolisianya. maka dari itu silahkan laporkan saja kepada Bidang Propam Polda sumatra Utara, ujar lesseng mengakhiri.

Kapolres Karo dikonfirmasi dan dimintai tanggapanya melalui Aplikasi Whatsap nomor selulernya terkait alasan Penyidik Polri dipolres karo tidak melakukan Penyidikan selama hampir tiga tahun semenjak Laporan polisi dibuat. 

Serta terkait tindakan apa yang akan dilakukan oleh Kapolres Karo terhadap Laporan Polisi yang ternyata belum dilakukan Penyidikanya selama ini, serta tindakan untuk oknum penyidik yang sudah abaikan Peraturan Kapolri dan rusak citra Kepolisian Indonesia.

Kapolres Tanah Karo AKBP R Benny Hutajulu Sik. SH menjawab serta menegaskan "Saya akan arahkan tim utk dalami bila ada permasalahan dalam proses sidik, pastinya setiap penanganan perkara sejak januari 2018 sdh kami arahkan untuk percepatan Penanganan sesuai Prosedur dan aturan demi Kepastian Hukum termasuk tunggakan Perkara sebagaimana dari Laporan Polisi LP/1457/XII/2015/SPKT I tertanggal 7 Desember 2015 " ujar Kapolres Tanah Karo. (IP09)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Kiatum

    [url=https://antabuse250.com/]antabuse 500mg[/url] ...

    View Article
  • Kimtum

    [url=https://atenololmedication.com/]cost of atenolol[/url] ...

    View Article
  • Miatum

    [url=http://cafergotmedication.com/]buy cafergot[/url] [url=http://furosemide20.com/]furosemide ...

    View Article
  • Miatum

    [url=http://furosemide20.com/]furosemide brand name[/url] ...

    View Article