Jelang Pilkada Disdukcapil Pacitan Optimis Bisa Penuhi Masyarakat Yang Belum Miliki e-KTP

By M. Ebiyanto Prayogo 05 Apr 2018, 21:59:53 WIBPolitik

Jelang Pilkada Disdukcapil Pacitan Optimis Bisa Penuhi Masyarakat Yang Belum Miliki e-KTP

Keterangan Gambar :


INTIPOS.COM / Pacitan - Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur sudah di depan mata, Namun ada kendala bagi Pemilih yang masih banyak pemilih yang belum memiliki identitas diri berbasis nomor induk kependudukan secara nasional, Hal tersebut menjadi atensi serius bagi Dispendukcapil. Instansi pemerintah inilah yang menyelenggarakan urusan kependudukan dan catatan sipil di daerah.

Menurut Pelaksanaan tugas (plt) Kepala Dispendukcapil Tri Mudjiharto mengatakan, Pihaknya sudah bekerja keras untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk segera melakukannperekaman, Khususnya bagi masyarakat yang berada jauh dari perkotaan.

"Kami sudah bekerja keras melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar segera melakukan perekaman. Dan bagi yang sudah perekaman, namun belum memiliki KTP elektronik ataupun surat keterangan pengganti KTP, agar segera mendatangi Dispendukcapil untuk diterbitkan bukti identitas diri tersebut," ujar Mantan Kepala BPBD pacitan, Rabu (4/4/2018).

Tri menegaskan, selama ini berbagai upaya terobosan sudah dilakukan Dispendukcapil agar masyarakat lebih dipermudah dalam mendapatkan administrasi kependudukan (adminduk). Seperti petugas proaktif (PPA), UP3SK, predator dan sidang langsung di desa (Silades). Namun begitu, diakuinya kesadaran masyarakat masih kurang.

"Setiap hari petugas kami turun ke desa-desa untuk jemput bola memberikan pelayanan. Namun begitu, kesadaran masyarakat memang masih sangat kurang. Itu yang menjadi salah satu sebab, masih adanya warga wajib KTP belum memiliki KTP ataupun surat keterangan pengganti KTP," jelasnya saat di temui di ruang kerjanya di Jalan MT Haryono Pacitan.

Selain kendala tingkat kesadaran masyarakat untuk melakukan perekaman, Jika server masih dalam kondisi luring (offline). Meski sudah ada proses konfigurasi ke IP publik, namun fakta yang ada tetap saja belum bisa daring saat petugas berada di lapangan.

"Ini juga menjadi kendala. Akan tetapi masalah itu akan cepat bisa teratasi seandainya masyarakat proaktif mau berkoordinasi dengan pemerintah desa, kecamatan, atau bila perlu bisa langsung datang ke Dispendukcapil. Pasti petugas kami akan melayani secepatnya," tegasnya.

Sementara untuk progres kemajuan terhadap 23.604 jiwa pilih belum ber KTP, Tri menegaskan masih dalam proses berkelanjutan, dan hingga saat ini dari 23.604 tingal sekitar 18 ribuan yang belum melakukan perekaman,ini merupakan kemajuan yang sangat baik dan semua hasil kerja keras teman-teman di Disdukcapil.

"Saya optimistis hingga batas waktunya nanti, setidaknya jumlah tersebut akan banyak terkurangi. Bahkan diharapkan bisa tuntas seluruhnya. Sehingga hak pilih mereka akan tetap terwadahi,"pungkasnya.(tyo)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. bandar bola 13 Apr 2018, 21:45:33 WIB


    I will immediately clutch your rss feed as I can not find your email subscription link or e-newsletter service. Do you have any? Kindly allow me recognise in order that I may just subscribe. Thanks.

    prediksi bola 13 Apr 2018, 21:46:27 WIB


    I could not refrain from commenting. Exceptionally well written!

    http://anakgawang.com/ Berita bola
    http://livescorebolas.com/ Livescore Liga Italia
    http://www.masteragen.org/

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Best Online Loans

    lender <a href="https://cashnow.cars">direct lender installment ...

    View Article
  • digital photo editing services

    I curious more interest in some of them hope you will give more information on this ...

    View Article
  • Dissertation Help

    Delightful work, I have gone by your site unexpectedly. Much thanks for having such ...

    View Article
  • 2D barcode

    itu lah sebabnya kewaspadaan dan ketelitian kita harus terus diperhatikan. jika sudah ...

    View Article