H.Rusman Ali Ajak Semua Kepala Desa Untuk Tak Takut Kelola DD

By Redaksi 27 Agu 2017, 11:01:17 WIBNusantara

H.Rusman Ali Ajak Semua Kepala Desa Untuk Tak Takut Kelola DD

Keterangan Gambar : By Ismail


Intipos.com, Kubu Raya - Kepala Desa se-Kabupaten Kubu Raya mengikuti Sosialisasi Dana Desa (DD), Tim Pengawal dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kabupaten Kubu Raya, di Gedung Aula Serbaguna Pemkab KR, Jum.at (25/08/2017).

Sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati KKR, H.Rusman Ali,SH dan dihadiri oleh Kejaksaan Negeri Mempawah, Sekda ,serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Camat.

Menurut Drs.Odang prasetyo, tujuan dilaksanakannya sosialisasi Dana Desa adalah agar para kepala desa betul-betul memahami bagaimana memanfaatkan atau mengelola dana desa dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan segala sesuatunya, mulai dari laporan kegiatan sampai rincian anggaran yang dipergunakan untuk membangun desa yang dipimpinnya.

“Jangan sampai memanfaatkan dana desa dengan sembarangan, karena bisa berurusan dengan hukum, dana desa adalah anggaran dari pemerintah pusat untuk desa-desa di kota atau kabupaten, termasuk di Kabupaten Kubu Raya. Seluruh kegiatan harus dipertanggung jawabkan kepada Negara,” kata Drs.Odang prasetyo dalam sambutannya.

Selama ini Drs.Odang prasetyo menegaskan bahwa banyak kepala desa yang masih ragu, bahkan bingung dalam memanfaatkan dana desa untuk pembangunan infrastruktur, sarana prasarana umum atau pembangunan lainnya. Hal itu disebabkan kemampuan SDM yang masih harus ditingkatkan, terutama dalam membuat laporan pertanggung jawaban kegiatan (SPJ).

Oleh karenanya kejaksaan memberikan kesempatan kepada para kepala desa apabila ingin bertanya seputar penggunaan dana desa, terlebih dengan sudah adanya TP4D di Kabupaten KKR.

“Kami sangat welcome menerima kedatangan para kepala desa yang ingin mendapatkan kejelasan mengenai penggunaan dana desa. Silahkan saja bertanya, kami siap membantu pemerintah daerah, supaya para kepala desa ini tak lagi berurusa” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati KKR, H.Rusman Ali.SH nengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai upaya pencegahan terhadap kesalahan Administrasi dan penggunaan Dana Des, Bupati KKR, H.Rusman Ali.SH, menekankan kepada semua kepala desa untuk tidak takut dalam memanfaatkan dana desa bagi kepentingan masyarakat desa itu sendiri. Yang terpenting adalah bagaimana dana tersebut betul-betul digunakan sebagaimana mestinya, tidak sekali-kali melakukan penyelewenangan dana, serta sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Pokoknya kalau masih bingung atau takut, kita punya TP4D yang siap menjadi wadah bagi seluruh kepala desa kalau ingin bertanya seputar dana desa. Apalagi proses keuangan di desa sudah semakin efektif dan efisien dengan adanya pengelolaan keuangan berbasis aplikasi, jadi saya himbau untuk tak takut lagi, tapi tertantang untuk menjadikan dana desa untuk pembangunan desa yang dipimpinnya,” ucap H.Rusman Ali di hadapan para kepala desa.

Di akhir sambutannya, ia juga meminta Kejaksaan untuk mendampingi para kepala desa dan perangkatnya, agar tidak ada lagi permasalahan hukum yang dapat menjeratnya sewaktu-waktu.

“Saya memohon dengan hormat kepada Kejaksaan agar para kepala desa dan perangkat desa selalu diberikan pendampingan, jangan sampai ada yang terkena permasalahan hukum. Kalaupun ada yang terpaksa tersandung masalah hukum, tentunya kami mohon agar Kejaksaan dapat memberikan bantuan dan pembinaannya," tegasnya.(Ismail)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Liverpool

    Wow artikel luar biasa dan fantastis teman saya kerja bagus dan semoga sukses untuk ...

    View Article
  • Liga Inggris

    Masih kami tunggu info selanjutnya... Thanks! ...

    View Article
  • Prediksi Bola

    Masih kami tunggu info selanjutnya... Thanks! ...

    View Article
  • CryptoNorp

    Bitcoin normalmente relacionam-se a equipe digitais de dinheiro. Ela vive exclusivamente ...

    View Article