Gunungsitoli Menjadi Tuan Rumah Pesta Yaahowu Tahun 2017

By Redaksi 26 Nov 2017, 08:56:25 WIBKepulauan Nias

Gunungsitoli Menjadi Tuan Rumah Pesta Yaahowu Tahun 2017

Keterangan Gambar : By Daus


Gunungsitoli- Intipos.com - Pulau Nias melaksanakan pesta ya'ahowu dikota Gunungsitoli dengan sejuta pesona memiliki ragam budaya, maka 23-26 November 2017 adalah waktu yang tepat hadir di Pesta Ya'ahowu 2017. Sabtu (25/11/2017)

Pada kegiatan tersebut,  berbagai kesenian dan atraksi budaya tersebar di Kepulauan Nias ditampilkan, termasuk lompat batu dan permainan rakyat yang tidak pernah dilakukan lagi. 

Ketua Tim Pelaksana Pesta Ya'ahowu Kepulauan Nias 2017, Sowa'a Laoli, mengatakan," pelaksanaan tahun ini sangat spesial karena untuk pertama kalinya Pesta Ya'ahowu dilangsungkan secara bersama-sama oleh empat pemerintah kabupaten dan satu pemerintah kota yang ada di Kepulauan Nias.

"Tahun ini Kota Gunungsitoli ditunjuk untuk menjadi tuan rumah pesta budaya rakyat dan ini berdasarkan keputusan dalam Forum Kepala Daerah Kepulauan Nias," ucap Sowa'a Laoli, yang juga selaku Wakil Walikota Gunungsitoli, Minggu (24/9/2017).

Pesta Ya’ahowu, kata Sowa'a, bertujuan mengenalkan budaya-budaya Nias ke masyarakat Indonesia dan kepada dunia, bahwa Nias memiliki ragam budaya unik yang layak untuk dikunjungi. 

"Kita sudah siapkan sebuah taman Ya'ahowu di kota Gunungsitoli yang view-nya langsung ke laut untuk kegiatan akbar ini, jelasnya. 

Pesta Ya'ahowu Kepulauan Nias, lanjut Sowa'a, akan dibuka pada Kamis 23 November pagi dengan pembukaan pameran produk-produk unggulan, cinderamata dan ragam kuliner khas Nias serta Festival Seni Pahat yang diikuti setiap kabupaten dan kota dengan Tema karya seni pahat akan dikaitkan dengan sejarah dan budaya Nias.

Sore harinya, tambah Sowa'a, dari lapangan merdeka Gunungsitoli, seluruh peserta menuju Taman Ya'ahowu dan digelar pawai budaya yang akan diikuti langsung kepala daerah/wakil kepala daerah dengan menggunakan pakaian adat Nias. 

"Sebelum pembukaan, masing-masing kontingen akan menampilkan atraksi seni budaya saat pawai menuju taman Ya'ahowu," tuturnya. 

Sementara lomba permainan rakyat akan digelar Sabtu 25 November 2017 di Lapangan Merdeka Gunungsitoli dan juga Lomba Dayung Perahu Tradisional yang masing-masing perahu akan dihias motif Sobawalarasa berornamen Nias pada hari Minggu. 

Selanjutnya Gunungsitoli Night akan disuguhkan pada Minggu 26 November 2017 di Taman Ya'ahowu sebagai bagian dari acara penutupan sekaligus memperingati hari jadi Pemerintah Kota Gunungsitoli ke-9 tahun.

"Gunungsitoli Night merupakan pesta hiburan rakyat. Nanti akan ada salah satu artis dari Jakarta juga akan memeriahkan acara ini," kata Sowa'a

Hal sama juga disampaikan Edward Lahagu salah satu masyarakat kota Gunungsitoli mengatakan," saya sebagai masyarakat kota Gunungsitoli bangga dengan kegiatan ini, saya berharap agar kegiatan pesta ya'ahowu berkelanjutan demi menuju pulau Nias pulau impian, kata Edward. (Daus)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Instant Online Loans

    poor credit loans guaranteed approval <a ...

    View Article
  • Money Loan

    loans guaranteed approval <a href="https://loansguaranteedapproval.com/">o ...

    View Article
  • Online Payday Loan

    personal loans guaranteed approval <a ...

    View Article
  • Loan Cash

    personal loans guaranteed approval <a ...

    View Article