Erwin Ibrahim : Isu akan terjadinya kemarau panjang adalah "HOAX"

By Eddy Surbakti 17 Jan 2018, 07:59:17 WIB

Erwin Ibrahim : Isu akan terjadinya kemarau panjang adalah "HOAX"

Keterangan Gambar : Erwin Ibrahim



Banyuasin - Intipos.com - Isu akan terjadinya kemarau panjang selama 3 tahun berturut-turut dan kekeringan mulai tahun 2019 hingga 2022 termasuk diwilayah Indonesia yang akan menyebabkan musnahnya pasokan bahan makanan dan air bersih dinilai warga sebagai sesuatu yang mengerikan dan meresahkan itu hanya isu dan HOAX.

Itu HOAX, itu hnya isu yang disebarkan ulah manusia yang tidak bisa dipertanggung-jawabkan kebenarannya, peristiwa seperti digambarkan diatas menadapat beragam pendapat hingga sebagian ada yang bersiap-siap menimbun bahan makanan terutama beras dan sebagian menampik isu tersebut dengan kata lain tidak percaya.

Ismail (56) salah seorang petani Banyuasin sangat terkejut setelah mendapat pesan dari sebuah group WhatsApp pada ponselnya bahwa yang meramalkan akan terjadi peristiwa kemarau panjang selama 3 tahun dan kekeringan hebat tepatnya mulai tahun 2019-2022.

"Saya cenderung yakin dengan adanya kabar tersebut dari media sosial WA atau Face book(FB) bagaimana gak percaya, berita itu ditayangkan dimedia social tanpa ada counter (sanggahan,red) dari instansi terkait soal itu," ucap Ismail kepada wartawan beberapa saat yang lalu.

Ismail mengaku sangat khawatir kalau memang hal itu benar, artinya sejak sekarang tahun 2018 sudah harus menyimpan pasokan bahan makanan apabila hal itu terjadi alias terbukti maka sudah ada siap disaat bencana tiba.
 

Hal senada diungkapkan warga Pangakalan Balai, Taufik (30), memang saya pernah lihat dan mendengar kabar akan kemarau panjang dari video kiriman kawan, malah dari sebuah stasuiun televisi saat mutiara subuh. "Andai kata hal itu terjadi akan seperti apa kita ini, bangsa ini, beras saja masih impor, pasti kelaparan akan terjadi", imbuh Taufik.

Apakah para ilmuan sudah mennagkap isyarat kemarau panjang sehingga dirahasiakan apa karena peristiwa itu masih menjadi rahsia Allah SWT, karena ilmu manusia terbatas hanya menebak-nebak, karena ilmu dan pengetahuan yang luas tak terbatas hanya milik Allah SWT.

Terpisah Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Banyuasin Erwin Ibrahim saat dikonfirmasi terkait isu yang berkembang belakangan ini menyebutkan, jangan mudah percaya dulu dengan info yang meresahkan pikiran. 

"Kalau saya malah belum pernah mendengar apa melihat video bakal ada kemarau panjang selama 3 tahun pada tahun 2019 hingga berlanjut sampai 2022," Ujar Erwin.

Erwin mengatakan, soal isu apa pun yang beredar di medsos, kementrian Kominfo akan membuat siber dron yang akan mengetahui dan mendeteksi sumber situs tersebut sehingga pemerintah bisa menangkap pelaku penyebar isu hoax.

"Menurut hemat kami jangan percaya dengan isu kemarau panjang, karena instansi yang berwenang seperti BMKG sendiri belum memberi info prihal tersebut," Ujar Erwin

Masih kata Erwin mengajak kepada masyarakat pengguna media sosial untuk pandai-pandai memanfaatkan mana informasi yang benar dan informasi yang tidak benar.

Ambil informasi di media sosial, tapi kroscek dulu sebelum menyebarkannya ke pihak lain, jangan hanya membuat isu mengerikan apalagi meramalkan yang akan terjadi kecuali yang berwenang yang bicara. "Sekali lagi BMKG belum membuat pernyataan terkait kemarau yang akan terjadi 2019-2022 itu benar-benar Hoax,  pungkasnya./waluyo


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Suetum

    [url=https://celebrex200.com/]generic celebrex[/url] ...

    View Article
  • Suetum

    [url=https://buyzithromaxonline.com/]buy zithromax 500mg[/url] ...

    View Article
  • Kimtum

    [url=https://albendazoletablets.com/]albendazole 400mg[/url] ...

    View Article
  • Jacktum

    [url=https://albendazoletablets.com/]albendazole[/url] [url=https://tadacip2019.com/]buy ...

    View Article