Dikonfirmasi Terkait Dana desa,Oknum Pegawai Negri Sipil Dikaro Mengaku Wartawan Kepada Wartawan

By Eddy Surbakti 14 Des 2017, 10:49:09 WIB

Dikonfirmasi Terkait Dana desa,Oknum Pegawai Negri Sipil Dikaro Mengaku Wartawan Kepada Wartawan

Keterangan Gambar : (dok) oknum pegawai negri sipil dikabupaten karo, Nurmintaria br ginting (Sekdes) desa semangat gunung yang mengakui merangkap jabatan sebagai wartawan dan Kabiro sebuah media cetak


Tanahkaro, Intipos
Pegawai Negri Sipil yang kini sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) merangkap jadi wartawan, yakni Sekdes Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo Provinsi Sumatra utara, mengakui kalau dirinya merangkap jadi wartawan.

Pasalnya, saat di konfirmasi oleh tim awak media di sebuah warung, dikota Berastagi, Jumat 8/12 sekira pukul 18.00 mengatakan ianya memang berprofesi sebagai wartawan dan Kepala Biro (Kabiro) salah satu media cetak Mitra Poldasu.

Oknum sekdes Desa Semangat Gunung Nurmitaria br Ginting mengakui sebagai wartawan pada sejumlah wartawan yang mengkonfirmasi pengelolaan Dana Desa yang dikerjakanya pada TA 2015-2016 di desa Raja Berneh yang kini bernama desa Semangat Gunung, Jumat (8/12/2017).

sebelumnya, tim wartawan mendapat informasi dari masyarakat desa Semangat Gunung Kecamatan Merdeka, terkait adanya pengerjaan proyek ADD, DD, DBH-P, P tahun 2015-2016 yang tidak sesuai dan diduga ada praktek korupsi dan mark up dilakukan oleh Nurmitaria br Ginting selaku PJ Kades 2015-2016.

untuk berimbangnya pemberitaan, Kepala Desa M Ahyar Ginting yang di konfirmasi awak media dilapangan mengatakan bahwa pengelolaan ADD, DD, DBH-P, P , TA 2016  adalah Sekdes Nurmitaria br Ginting, saya belum dilantik jadi Kepdes, ungkapnya.

Dikonfirmasi via seluler, Nurmintaria malah mengajak ketemu di Berastagi, dan mengatakan tem item pengerjaan yang beliau kelola, seperti Rabat beton samping jambur, Gapura 2, Cit Ditio SPRT, Pengerasan di jln lau naga, dan Pengaspalan di jln Milala ke pariban, dan saya tidak tahu karena semua yang kita rencanakan jika sudah selesai Berarti sudah sesuai rencana, ujarnya.

Tambahnya, Saya tidak tahu masa ketahanannya itu berapa tahun karena tidak pernah dijelaskan konsultan itu berapa tahun karena itu memang tidak diwajibkan untuk dijelaskan, tanpa memberi tahu siapa konsultan yang dimaksud secara rinci.

Lanjutnya mengatakan bahwa Pekerjaan belumlah serah terima, pemborong nya sudah meninggal tapi waktu yang kami berikan kepada pemborong seharusnya itu sudah selesai, surat permohonan kan diterbitkan bulan empat, tapi inspektorat tidak mau turun.

Ketika dipertanyakan mengenai kapan penyerah terimaan pekerjaan, nurmintaria mengaku, Sudah direncanakan dengan masyarakat desa, jika ada serah terima dari pemborong, tidak akan kami terima.

bukannya memberi penjelasan terkait pengelolaan keuangan DD, ADD, DBH-P, P tahun 2015-2016 di desanya, tetapi Nurmitaria br Ginting yang datang bersama Oknum wartawan justru mengintervensi wartawan yang mengkonfirmasi dengan mengaku bahwa dia juga Wartawan sebagai Kabiro dari salah satu media dari unit Poldasu.

Mirisnya lagi, seorang oknum yang diduga wartawan dari unit Media Poldasu berinisial RSP, yang datang bersama Nurmintaria mengatakan, Kalau kalian naikkan berita ini, ku naik kan juga berita yang di kelola wartawan inisial A, kabiro mu, ujar oknum wartawan media dari Poldasu berinisial RSP yang diduga melakukan pem back -  up Nurmitaria ini kepada Tim wartawan dan wartawati yang mengkonfirmasi sembari mengakhiri pembicaran diwarung, tepatnya diseberang sapo angin Brastagi.
 
Megang Surbakti, Pengamat Pemerintahan dan kemasyarakatan kabupaten karo, dan berdomisili diseputaran kota wisata Brastagi mengatakan bahwa ini haruslah menjadi perhatian (Atensi ) dari Setda kabupaten karo bersama Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Karo, serta bahwa Aturan dari Peraturan Pemerintah (PP) No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS itu sudah cukup jelas disebutkan terkait Disiplin PNS (Pegawai Negeri Sipil) yakni  :

kesanggupan Pegawai Negeri Sipil untuk mentaati kewajiban dan menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan dan / atau peraturan kedinasan yang apabila tidak ditaati atau dilanggar dijatuhi hukuman disiplin.

Mencermati hal tersebut, layaknya seorang PNS yang semestinya menjalankan Kebijakan Pemerintahan termasuk melaksanakan keputusan politik, maka sangat tidak etis sekali bila ada oknum PNS merangkap jabatan sebagai wartawan yang sudah pasti bertentangan dan bertolak belakang dengan fungsi kedinasan.

Seorang PNS itu digaji negara untuk mengurusi tugas Pemerintahan sesuai bidang yang ditanganinya, Bahkan dapat menjadi sebuah bumerang bagi internal Pemerintahan ketika seorang PNS menjadi wartawan, lebih jauhnya lagi bukan hal yang tidak mungkin nantinya akan terjadi pembocoran rahasia di dalam Dinas tempatnya bernaung, ujarnya.

Lain daripada itu juga bahwa fungsi sosial kontrol bagi Pers yang sesungguhnya bukan tidak mungkin juga akan mendapat hambatan dan rintangan, Atau mungkin oknum PNS tertentu sengaja jadi wartawan sebagai asas manfaat dalam rangka cari selamat, selain tertera dalam PP No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, tertuang juga dalam UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN. Dimana dalam UU tersebut terdapat larangan bagi PNS dan sanksi yang diberikan jika melanggar, ujarnya mengakhiri.(tim)./Wahyu




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Harga Speaker Aktif

    Harga Speaker Aktif ...

    View Article
  • write an assignment for me

    Thank you for sharing one of these rights and healthful share with readers. May this ...

    View Article
  • Harga Speaker Polytron Bluetooth

    Harga Speaker Polytron Bluetooth ...

    View Article
  • Harga Speaker Aktif Polytron Bluetooth

    Harga Speaker Aktif Polytron Bluetooth ...

    View Article