Calon Nomor Urut 1 Merasa Keberatan, Penetapan Hasil Pilkades Watukarung Terancam Ditunda

By M. Ebiyanto Prayogo 09 Okt 2018, 19:29:45 WIBPolitik

Calon Nomor Urut 1 Merasa Keberatan, Penetapan Hasil Pilkades Watukarung Terancam Ditunda

Keterangan Gambar :


INTIPOS.COM | PACITAN - Buntut dari kekisruhan pemilihan Kepala Desa Watukarung yang diduga ada kecurangan pada penghitungan suara dan adanya faktor kesengajaan terhadap surat suara yang rusak serta tuntutan warga pendukung calon nomor urut 1 (satu), agar di laksanakan penghitungan ulang menjadikan penetapan hasil pemilihan kepala desa bakal tertunda.

Hal tersebut di sampaikan Ketua Panitia Pilkades Serentak Kabupaten Pacitan Drs Sakundoko, Memastikan bakal menunda penetapan hasil penghitungan suara pada pilkades Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku. Dikarenakan masih adanya potensi keberatan yang akan disampaikan salah satu calon.

"Yang jelas penetapan hasil penghitungan suara kita tunda, sebab dimungkinkan adanya upaya keberatan yang akan disampaikan salah satu calon," ujar mantan Kadis Pendidikan Pacitan kepada Pewarta, Selasa (9/10/2018).

Seperti halnya yang disampaikan, Kabag Administrasi Pemerintahan dan Kerjasama Setkab Pacitan Putanto Sukandar, Dia menegaskan, sebagaimana ketentuan aturan, perihal keberatan itu akan ditunggu hingga Selasa (hari ini_red) dan batas akhir pada pukul 24.00 WIB.

"Kalau sampai limit waktu tersebut tidak ada surat apapun ke bupati yang disampaikan melalui panitia pelaksana pemilihan tingkat kabupaten, tentu penetapan akan tetap dilaksanakan,"tegasnya.

Iput, Begitu sapaan akrabnya menambahkan, Pihaknya akan berjalan sebagaimana ketentuan aturan yang ada. Kalau misalnya ada keberatan yang hendak disampaikan, tentu harus dilengkapi dengan alat bukti serta saksi agar lebih valid.

"Yang berkompeten menyampaikan keberatan itu calon, bukan tim sukses. Kalau misalnya ada surat suara yang dinyatakan rusak, apakah itu sesuai aturan atau tidak. Tentu akan kita cermati bersama sesuai ketentuan aturannya,"tambahnya.

Terkait pengambilan keputusan atas aduan yang disampaikan, Dirinya menegaskan, Hak sepenuhnya berada di tangan Bupati, Dan mengenai keputusan paling lambat 30 hari. 

"Namun kita diberi tenggang waktu selama 30 hari setelah surat keberatan masuk, harus sudah ada keputusan. Kalaupun misalnya tiga hari selesai, ya itu juga kewenangan bupati untuk memutuskan," tandasnya.(tyo)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Instant Online Loans

    poor credit loans guaranteed approval <a ...

    View Article
  • Money Loan

    loans guaranteed approval <a href="https://loansguaranteedapproval.com/">o ...

    View Article
  • Online Payday Loan

    personal loans guaranteed approval <a ...

    View Article
  • Loan Cash

    personal loans guaranteed approval <a ...

    View Article