Banyuasin Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

By Redaksi 09 Nov 2018, 04:44:39 WIBPolitik

Banyuasin Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

Keterangan Gambar : Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilihan Umum


Intipos.com | Banyuasin - Bawaslu Banyuasin Kamis kemarin Pukul 09.50 Wib s.d 12.30 Wib, bertempat di Ruang Auditorium Pemkab Banyuasin Komplek Perkantoran Pangkalan Balai Provinsi Sumatera Selatan telah berlangsung kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilihan Umum DPR, DPD dan DPRD serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 dan kegiatan dipimpin oleh Muhammad Mustakim, S.pd Kordiv PHL Bawaslu Kabupaten Banyuasin, Kamis (9/11/18).

Hadir dalam kegiatan tersebut Maulidi S.Pd.i, Komisioner KPU Banyuasin Bidang Hukum, Arfai dari Kabid Politik Kesbangpol ), H. Zaini Solihin Tokoh masyarakat, Agri Yota Tokoh Pemuda, Tarmizi, T.S Tokoh Agama juga terlihat ada unsur Mahasiswa Banyuasin dan ada 30 orang dari Perwakilan Partai Politik.

Dalam sambutannya, Muhammad Mustakim, S.pd menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan Landasan Hukum dan Peraturan Kampanye Pemilu 2019, Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum, Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 32 Tahun 2018 tentang perubahan PKPU nomor 7 tentang tahapan program dan jadwal Penyelagaran pemilihan umum tahun 2019, Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 23,28 dan 33 tahun 2018 tentang kampanye pemilihan umum tahun 2019 dan Peraturan Bawaslu Nomor 28 tentang pengawasan kampanye pemilihan umum tahun 2019.

Masih kata Muhammad, Alat Peraga Kampanye (APK) tambahan oleh Peserta Pemilu dijelaskan peserta pemilu dapat membuat penambahan APK selain yang difasilitasi KPU dengan ketentuan bahwa Baleho paling banyak 5 buah di Desa atau Kelurahan dan Sepanduk paling banyak 10 buah di Desa atau Keluarahan, sedangkan Videotron paling banyak 2 buah di Kabupaten atau Kota.

Arfai Kabid Politik Kesbangpol Banyuasin dalam sambutannya menguraikan upaya Meningkatkan Kualitas Demokrasi di Indonesia tentang Reformasi Sistem Ketatanegaraan, Reformasi Sistem Partai Politik, Reformasi Sistem Pemilu, Reformasi Sistem Lembaga Penyelagaran Pemilu dan Peningkatan Partisipasi Publik dalam Pemilu.

Lebih lanjut diungkapkan Arfai, ketentuan dalam Netralitas ASN mempunyai hak memilih sebagai warga negara the way pilihan sendiri secara bebas. ASN mempunyai hak pilih sesuai dengan ketentuan ASN yang bersangkutan harus mengundurkan diri sebagai ASN bila menjadi calon anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan DPRD Kota, hal itu supaya bisa menggunakan hak pilih dengan baik dan benar, ASN dituntut untuk mengikuti perkembangan politik, ASN harus cerdas politik, tidak boleh apatis dan buta politik, katanya.

Lebih jauh kata Arfai, tujuan Netralisir bagi ASN itu untuk menjaga kekompakan dan keutuhan ASN. Mencegah ASN dan birokrasi pemerintah menjadi sasaran tarik menarik partai politik. Mencegah untuk digunakannya birokrasi pemerintah sebagai alat politik partai politik dan agar birokrasi ASN pemerintah dapat memberikan pelayanan yang adil yang tidak diskriminatif bagi semua rakyat, tutupnya.

Sementara Maulidi, S.pdi dari Komisioner KPU Banyuasin Bidang Hukum dalam sambutannya menjelaskan tentang perinsip Kampanye harus dilaksanakan berdasarkan prinsip jujur, terbuka dan ideologi. Kampanye merupakan Wujud pendidikan politik masyarakat yang dilaksanakan secara bertanggungjawab dan bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilihan. Untuk pilpres, setiap pasangan calon mempunyai hak kesempatan dan perlakuan adil dan serta dalam kampanye, katanya. (waluyo)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Nicktum

    [url=https://cialisq.com/]cialis where to buy[/url] [url=https://lasix40.com/]lasix[/url] ...

    View Article
  • Janetum

    [url=http://albuterolhf.com/]albuterol[/url] ...

    View Article
  • Suetum

    [url=https://albuterolhf.com/]albuterol[/url] [url=https://lasix40.com/]buy lasix[/url] ...

    View Article
  • Nicktum

    [url=https://lasix40.com/]lasix[/url] [url=https://prednisone20.com/]prednisone[/url] ...

    View Article