Ada Pungli E-KTP Rp 75.000 Di Desa Wajok Hulu GG Teluk Dalam

By Redaksi 05 Feb 2018, 22:21:24 WIBHukum

Ada Pungli E-KTP Rp 75.000 Di Desa Wajok Hulu GG Teluk Dalam

Keterangan Gambar : By Tri Setiowati : Korban Pungli pengurusan E-KTP


Pontianak - Intipos.com - Ternyata  membuat  KTP di Desa Wajok Hulu harus bayar. Tidak tanggung tanggung warga diminta Rp 75.000 per KTP. Padahal KTP dan KK itu dibiayai oleh APBN alias gratis. Lembaga Pengawas Kebijakan Pemerintah Dan Keadilan (LPKPK) KalBar akan melaporkan kasus ini.

Pungli secara terang terangan ini dilakukan oleh oknum kantor desa Wajok Hulu ini Istilah yang ia pakai adalah uang air. Tapi nominal nya ditentukan dan nilainya dirasa terlalu besar. Bayangkan saja Rp 75.000. 

Menurut Kasim salah seorang korban pungli KTP, yang juga ketua RT 08 RW 09,  ia kaget diminta Rp 75.000 oleh oknum staf kantor desa Wajok Hulu untuk mengambil KTP yang dibuatnya. Tapi karena ia perlu KTP itu, Kasim pun membayar uang yang diminta.

Menurutnya kalau uang air itu cuma Rp 10.000 atau Rp 20.000 ia tidak keberatan. Tapi kalau sampai ditentukan Rp 75.000 ia dan warga lainnya keberatan. Apalagi KTP adalah hak warga negara Indonesia.

Sebelumnya staf desa menginformasikan bahwa pembuatan KTP gratis alias tidak dipungut biaya. Tapi kenyataannya warga diminta Rp 75.000 untuk pembuatan KTP. Hal ini sangat memberatkan warga.

Warga masyarakat lain yang merasa jadi korban pungli oknum staf desa Wajok Hulu sebut saja Idris, Nurjanah, Kalon, Usman, Merry Rahman ia, Wahyudi dan lainnya. Setidaknya ada puluhan ribu warga di desa Wajok Hulu. Warga yang ditemui intipost disalah seorang warga di Wajok Hulu, Senin sore, 5 Februari 2018 merasa kecewa.

Pungli KTP di desa Wajok Hulu ini tidak bisa dianggap main main dan masalah kecil. Korupsi, Kolusi dan Nepotisme memang susah diberantas. Tapi hal ini tidak boleh dibiarkan. Kita libas KKN, Libas Korupsi dan Pungutan Liar. (Tri)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Liverpool

    Wow artikel luar biasa dan fantastis teman saya kerja bagus dan semoga sukses untuk ...

    View Article
  • Liga Inggris

    Masih kami tunggu info selanjutnya... Thanks! ...

    View Article
  • Prediksi Bola

    Masih kami tunggu info selanjutnya... Thanks! ...

    View Article
  • CryptoNorp

    Bitcoin normalmente relacionam-se a equipe digitais de dinheiro. Ela vive exclusivamente ...

    View Article