5 Manfaat Puasa Ramadhan Untuk Kesehatan Badan

By Redaksi 30 Mei 2016, 06:52:13 WIBDunia Islam

5 Manfaat Puasa Ramadhan Untuk Kesehatan Badan

Keterangan Gambar : ilustrasi anak berpuasa


Intipos.com, Medan - Tidak kerasa bulan Ramadhan kembali hadir, setelah sekian lama ditunggu dan dinantikan umat Islam di seluruh dunia. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat muslim, karena dibulan ini pintu-pintu untuk mendapatkan pahala dibuka lebar. Ibadah puasa di bulan Ramadhan wajib untuk orang yang sehat dan sudah akil balig atau dewasa. Walaupun ibadah Puasa merupakan ibadah cukup berat, namun kita harus menjalaninnya. Kita dianjurkan berpuasa mulai dari sepertiga malam atau dini hari sampai mentari terbenam. Namun, dibalik semua itu Allah SWT memberikan berupa pahala yang berlipat bagi orang yang berpuasa dan juga kesehatan badan. 

Puasa di bulan Ramadhan bukan hanya mendapatkan pahala saja bagi yang menjalankannya, namun dengan berpuasa badan kita menjadi sehat. Dibawah ini ada 5 manfaat puasa ramadhan untuk kesehatan, diantaranya:

Manfaat Puasa untuk Menurunkan Adrenalin

Adrenalin merupakan hormon yang memicu reaksi dan juga kecepatan gerak pada tubuh, seseorang yang marah akan meningkat hormon adrenalinnya sampai 20 kali lipat. Dan hormon ini juga dapat menyempitkan pembuluh darah, menambah pembentukan kolestrol serta meningkatkan risiko jantung dan juga stroke. Namun, dengan berpuasa dapat menurunkan hormon adrenalin sehingga tubuh kita terhindar dari penyakit berbahaya tersebut.

Manfaat Puasa untuk Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh pada orang yang berpuasa akan meningkat, hal ini karena limfosit mengalami peningkatan. Dengan adanya kondisi seperti ini menjauhkan kita dari berbagai serangan penyakit, misalnya penyakit jantung.

Manfaat Puasa untuk Penurunan Berat Badan

Dengan berpuasa tubuh kita mengalami penurunan, terutama bagi yang ingin sekalian berdiet. Dengan sekalian berdiet saat berpuasa, cobalah atur pola makan yang sehat saat bulan Ramadhan, hal ini akan membuat diet Anda berhasil.

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Jantung

Pada saat berpuasa terjadi penurunan LDL dan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan juga pembuluh darah. Maka dari itu saat berbuka puasa, berbuka dengan makanan yang sehat dan hal yang sama pada saat sahur pada dini hari.

Manfaat Puasa untuk Penderita Rematoid Arthritis

Rematoid Arthritis atau encok atau radang persendian, dengan melakukan puasa seorang penderita radang persendian akan lebih membaik. Hal ini dikarenakan adanya sel penetral yang sangat ampuh dalam membasmi bakteri penyebab radang persendian. 

(is)  



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. QNC JELLY GAMAT 05 Feb 2018, 14:55:34 WIB

    jangan pernah merasa cape kalo berbuat baikmah
    http://bit.ly/2nCrL4o
    https://goo.gl/wba4BA

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Instant Online Loans

    poor credit loans guaranteed approval <a ...

    View Article
  • Money Loan

    loans guaranteed approval <a href="https://loansguaranteedapproval.com/">o ...

    View Article
  • Online Payday Loan

    personal loans guaranteed approval <a ...

    View Article
  • Loan Cash

    personal loans guaranteed approval <a ...

    View Article